Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelagat Peluncuran Generasi Baru Terios Makin Kentara

Kompas.com - 03/11/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –Gelagat peluncuran generasi terbaru Terios setelah satu dekade dipasarkan oleh Daihatsu, semakin kentara. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai mengurangi pasokan Terios lawas ke diler.

Data wholesales Gabungan Indstri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menunjukan dalam beberapa bulan terakhir, distribusi Terios, terus menurun.

Soal jadwal peluncurannya sendiri, KompasOtomotif sudah mendapatkan informasi dari orang yang mengetahui proyek ini, yaitu 23 November 2017. Meski begitu, pihak Daihatsu masih diam seribu bahasa terkait hal tersebut.

Dari grafik bisa dilihat kalau penurunan dimulai sejak Juni 2017, atau hanya mengirimkan 1.113 unit. Padahal pada bulan kelima (Mei) angka wholesales Terios melonjak signifikan sampai 1.841 unit.

Penurunan tak berhenti, pada bulan ketujuh di awal semester kedua,  pasokannya kembali dikurangi atau hanya mencapai 676 unit saja, merosot cukup tajam. Kemudian terus terjadi di Agustus dan September 2017,  masing-masing 555 unit dan 506 unit.

Wholesales LSUV Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales LSUV Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Baca juga : Ini Tanggal Peluncuran Rush dan Terios Terbaru

Toyota Rush

Meski begitu, tren penurunan tidak tampak pada kembarannya yang dijual dengan merek Toyota, Rush. Grafik wholesales-nya masih tampak fluktuatif, walaupun di September angkanya jauh lebih rendah, dibanding bulan sebelumnya sepanjang 2017.

Pada bulan kesembilan tersebut, pasokannya hanya 1.441 unit, sementara pada bulan sebelumnya mencapai 1.767 unit.

Soal generasi terbaru Terios dan Rush ini, pihak Daihatsu yang diwakili Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, wujudnya akan berubah total, bahkan kemungkinan ke bagian mesin. Namun memang, ubahan itu sudah jadi satu keharusan di usia LSUV Daihatsu-Toyota yang usianya sudah 10 tahun.

Wholesales Toyota Rush Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Toyota Rush Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com