Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanjungan Mick Doohan buat Marc Marquez

Kompas.com - 05/10/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Performa Marc Marquez yang semakin mengagumkan di akhir-akhir musim 2017, menarik perhatian legenda hidup Mick Doohan. Pebalap berusia 52 tahun tersebut mengatakan, Marquez ada di level berbeda dibanding rivalnya di gelaran MotoGP.

Doohan, pebalap yang tak terkalahkan di kejuaraan dunia sepeda motor 500cc pada periode 1994-1998, menganggap performa Marquez semakin membaik di sisa seri MotoGP 2017 ini.

"Saya pikir dia terlalu kuat saat ini, dia berada di atas lawan-lawannya," ujar Doohan mengutip Motorsport.com, Rabu (4/10/2017).

"Berada di level berbeda dibanding yang lain, Marquez sama bagusnya dengan Valentino Rossi, dirinya cukup kuat dan percaya diri, dan punya tunggangan yang bagus. Keunggulannya di musim ini tidak terlalu besar, tapi dia akan bisa meningkatkannya di balapan berikutnya," ujar Doohan.

Sementara soal Andrea Dovizioso dari Ducati yang terus menempel ketat Marquez, Doohan menuturkan, pebalap Italia tersebut tidak mampu mendominasi pembalap papan atas di MotoGP.

Baca juga : Dovizioso Mulai Gelisah oleh Marquez

"Dovi tidak berada di posisi yang sama seperti Marc. Dia telah berlomba dengan pembalap top selama bertahun-tahun, tapi saya tidak tahu apakah dia benar-benar bisa mendominasi mereka. Namun, mungkin saya salah dan Dovizioso akan menunjukkannya kepada saya,” kata Doohan.

Juara bertahan Marquez, punya awal yang relatif lambat pada musim 2017, sempat tertinggal 37 poin dari posisi puncak klasemen setelah enam seri balapan.

Namun, pada delapan balapan terakhir, Marquez berhasil meraih empat kemenangan dan tujuh kali naik podium. Saat ini dirinya unggul 16 poin di klasemen sementara, dari rival terdekat Andrea Dovizioso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com