Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip, Kawasaki Klasik-Modern Terbaru

Kompas.com - 03/10/2017, 17:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Tokyo, KompasOtomotifKawasaki menunjukkan teaser video Z900 RS. Sepeda motor terbaru beraliran modern-klasik itu akan meluncur di Tokyo Motor Show (TMS) 2017, mulai 25 Oktober mendatang di Jepang.

Inilah generasi penerus model klasik Z1 yang pertama kali muncul pada 1970-an. Saat itu, Z1 menjadi salah satu punggawa hebat melawan dominasi Honda CB750, mengemban mesin 4-silinder segaris bertenaga 903 cc, pendingin udara.

Ketika Kawasaki melahirkannya kembali di era sekarang, Z900 RS akan menemani versi telanjang, Z900 yang juga lahir tahun ini. Belum ada spesifikasi resmi, namun MotorcycleMagazine.com membuka seidkit tabir tentang detailnya.

Z900 RS berbagi banyak komponen dengan Z900, tapi ada ubahan lain yang membuat karakternya berbeda. Jarak sumbu roda akan 20 mm lebih panjang, yakni mencapai 1.470 mm. Angle setang dan suspensi belakang yang lebih rendah membuat panjang bodi bertambah 355 mm menjadi 2.100 mm.

Baca: Kawasaki Ninja H2 ?Jebol? pada 300 kpj

Setang lebih lebar, yang membuat sepeda motor bakal makin ergonomis ketimbang versi telanjang. Bobot bertambah 5 kg dibanding Z900, menjadi 215 kg secara total.

Kendati mesinnya sama, namun tenaga maksimal lebih sedikit, yakni 110 PS dibandingkan Z900 yang berada di angka 123 PS. Putaran mesin puncak 8.500 rpm, atau turun 1.000 rpm, menandakan bahwa sepeda motor disetel untuk ”tarik-tarikan” di awal, atau main di torsi bawah.

Tengok video teaser, Z90 RS mendapatkan teknologi LED, termasuk lampu depan. Corak di dalam lampu bulat, dilapisi krom untuk membuat karakter modern.

Detail selengkapnya tunggu pameran berlangsung, dan jika meluncur, para penghadang sudah menanti, di antaranya Triumph Street Twin dan Bonneville T100. Simak video teaser lengkapnya berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com