Kawasaki Ninja H2 ”Jebol” pada 300 kpj

Kompas.com - 19/09/2017, 18:45 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Maine, KompasOtomotif – Lihat lubang mesin pada foto? Diperkirakan itu terjadi karena ”tembakan” con-rod setelah mesin Kawasaki Ninja H2 dilaporkan ”jebol” (blown engine) dalam lintasan drag. Untungnya, pengendara mampu mengontrol kecepatan tinggi dan menjinakkan sepeda motor terkencang legal jalanan itu untuk berhenti.

Kejadian tersebut terekam dalam video yang diunggah akun Youtube BOOSTEDH2. Saat ”meleduk”, tidak diketahui pasti kecepatannya, namun sedikit terindikasi pada saat melaju 188 mph, atau setara 300-an kpj.

Sebelumnya, pengendara sudah memacunya sampai 230-an mph, atau sampai 368 kpj dan tidak terjadi masalah.

Lubang pada bagian mesin Kawasaki H2 yang jebol.Captured from YouTube Lubang pada bagian mesin Kawasaki H2 yang jebol.
Berdasarkan penjelasan pada video, sepeda motor itu diuji dalam ajang drag race Loring Mile Harvest di Maine, Amerika Serikat. Motor sudah sering ikut ajang balap kecepatan, sebelum mesin akhirnya jebol.

Saat mesin tak sanggup menanggung beban, hanya suara yang bisa didengar, lalu mesin tiba-tiba mati dan cuma terdengar benda keras bergerak cepat.

Pengendara pun turun, melempar sarung tangan, dan didapati mesin sudah mengeluarkan banyak cairan. Lubang pun ditemukan pada salah satu bagian mesin.

Berikut video lengkapnya:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber motorcycle

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.