Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Hubungan Antara Majalah Playboy dengan Otomotif

Kompas.com - 02/10/2017, 12:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Motor1.com

New York, KompasOtomotif - Hugh Hefner, pendiri sekaligus pemimpin redaksi majalah Playboy menghembuskan nafas terakhir di usia ke-91, Rabu (27/9/2017). Di balik hidup yang glamor dan dikelilingi wanita cantik, ternyata Hefner juga pecinta otomotif.

Bahkan nama Playboy pada majalah dewasa khusus kaum adam dikabarkan Motor1, mengambil dari sebuah nama bekas produsen mobil asal Buffalo di Amerika Serikat, yakni Playboy Automobile Company yang berdiri pada 1947.

Sayangnya, Playboy Automobile Company tidak bertahan lama. Pada 1951 perusahaan dikabarkan kandas karena terus menerus merugi, namun selam lima tahun beroperasi sudah ada 97 mobil yang sukses diproduksi, salah satunya adalah Continental.

Mobil sejenis sedan dengan dimensi mungil hadir menggunakan atap soft-top. Tenaganya sebesar 40 tk disalurkan dari mesin empat silinder yang diklaim mampu memiliki kecepatan maksimal hinggga 121 kpj.

Baca : Model Playboy Ini Gemar "Garuk Tanah" (Video)

Singkat cerita, setelah Playboy Automobile Company resmi tidak beroperasi, salah satu mantan anak karyawan yang berteman dengan Hefner menyarankan untuk menggunakan nama Playboy pada majalah yang akan dibuatnya. Penggunaan nama tersebut sesuai dengan target audiens yang ingin diincar, yakni kaum adam.

Mobil Playboy pada 1948 Mobil Playboy pada 1948

Karena itu, tidak heran bila dalam beberapa edisi Playboy selalu terdapt foto wanita cantik berpose bersama mobil, baik pada sampul depan atau bagian isi. Konten yang dibuat memang sengaja untuk menggoda kaum adam, jadi wajar saja bila pemandangan yang disajikan rata-rata didominasi oleh wanita berbusana seksi sampai tanpa busana sekalipun.

Bahkan Hefner juga membuat sebuah ajang penghargaan otomotif dengan tema Playmate of the Year, bagi wanita cantik yang berpose dengan mobil. Pada tahun pertama di 1953, model Lisa Winters menjadi pemenang.

Sedangkan pemberian hadiah berupa mobil baru dimulai pada 1964. Donna Michelle menjadi model pertama kali yang menerima mobil setelah sukses berpose bersama Ford Mustang 1964 berkelir merah jambu dengan mesin V8 bertenaga 289 tk.

Playmate of ther Year Playboy Playmate of ther Year Playboy

Pemberian hadiah mobil pada ajang Playmete of ther Year terus berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya. Mobil yang dijadikan hadiah pun tidak sembarangan, mengingat Hefner dikenal dengan selera unik terhadap mobil.

Beberapa mobil yang perah diberikan oleh Henfer untuk model seksi Playboy, seperti Lamborghini Countach Roadster pada 1988 untuk India Allen, Eagle Talon untuk Julie Cialini pada 1995, sampai Fiat 124 Spider yang disabet oleh model Eugena Washington di 2016.

Hefner sendiri punya koleksi sebuah limusin Mercedes-Benz 600 Pullman, serta beberapa mobil ikonik lain. Mulai dari generasi pertama Maserati Ghibli sampai Mercedes-Benz 300 SL Convertible.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com