Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Beli Melemah, Penjualan Auto2000 Masih Positif

Kompas.com - 20/09/2024, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlambatan penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih imbas penurunan daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah, diakui tidak berdampak sigifikan terhadap kinerja diler utama Toyota, Auto2000.

Menurut Chief Marketing Auto2000 Yagimin, kondisi tersebut disebabkan reputasi perusahaan dan merek yang sangat kuat baik dari sisi layanan purna jual sampai kualitas produknya.

Sebab kebanyakan orang Indonesia yang membeli mobil tidak hanya untuk dipakai, tapi juga memikirkan nilai asetnya yang dapat dijual kembali di masa depan. Cukup berbeda dengan barang tersier lain.

Baca juga: Daihatsu Recall Beberapa Modelnya di Jepang, Termasuk Rocky

Auto2000 Fest di Mall Kota Kasablanka, berlangsung sampai Minggu (24/3/2024)KOMPAS.com/FATHAN Auto2000 Fest di Mall Kota Kasablanka, berlangsung sampai Minggu (24/3/2024)

"Memang patut diakui pasar tahun ini sangat menantang, dan daya beli masyarakat menengah ke bawah sedang melambat. Tetapi khusus Auto2000, tidak mengalami penurunan market share dan masih di 36 persen," kata dia di Jakarta, Kamis (19/9/2024) malam.

Artinya, penurunan penjualan pada sektor otomotif di Indonesia saat ini adalah kondisi yang wajar dari kumpulan faktor eksternal seperti suku bunga tinggi, gejolak politik, dan sebagainya.

Kondisi tersebut tidak berarti adanya pergeseran preferensi kendaraan bermotor walau kini sudah banyak merek baru berdatangan. Maka ketika kondisi eksternal tadi pulih, kenaikan penjualan akan terjadi lagi dan Toyota masih menjadi pemimpin pasar.

“Biasanya, kalau memang ada kebutuhan mendesak untuk membeli mobil, mereka akan mempertimbangkan merek yang memiliki reputasi baik, layanan purnajual yang terjamin, dan nilai jual kembali yang tinggi,” ungkapnya.

Di sisi lain, kelas atas tidak terpengaruh oleh penurunan daya beli seperti yang dialami kelas menengah ke bawah. Bahkan, menurut Yagimin ada peningkatan permintaan pada segmen mobil mewah seperti Camry, BZ4X, dan Land Cruiser.

Baca juga: Jadwal Sementara MotoGP 2025, Pembukaan di Thailand

GR Garage Auto2000Auto2000 GR Garage Auto2000

"Kelas atas justru mengalami pertumbuhan, terbukti dari permintaan dan penjualan mobil seperti Camry, BZ4X, dan Land Cruiser yang tetap meningkat. Tapi rincian datanya nanti kita lihat lagi," ujarnya.

Diketahui, Menurut data Gaikindo sepanjang Januari-Agustus hanya ada 560.619 unit kendaraan roda empat yang dikirim dari pabrik diler alias Wholesales.

Jumlah tersebut terkoreksi 17, persen dibanding periode serupa tahun lalu yang mencapai 675.859 unit.

Sedangkan penjualan mobil secara retail tidak jauh berbeda, yaitu turun 12,1 persen dari 665.262 unit menjadi 584.879 unit.

Pada kondisi tersebut, Toyota masih menguasai 32 persen pasar dengan total penjualan 182.917 unit, turun 17,5 persen dari periode Januari-Agustus 2023 yang sebanyak 220.454 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau