Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge ”Touring” Kedua Yamaha

Kompas.com - 08/09/2017, 16:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

California, KompasOtomotif – Yamaha meluncurkan model bagger kedua setelah Star Venture. Merek berlogo garputala itu pun mengenalkan Star Eluder, sang pendamping. Rupanya bisnis motor gede (moge) model touring begitu menggoda, meski pasarnya terbatas di kawasan tertentu.

Lalu, apa itu Star Eluder? Motor ini dibangun dari Star Venture, tourer 1.845 cc rival Honda Gold Wing. Bedanya, dia lebih ”bagger”, karena Yamaha lebih mendekatkan layar monitor pada ”dashboard” dengan fairing. Boks di belakang atas dan sandaran pembonceng hilang.

Resep ini disinyalir sama persis dengan apa yang dilakukan Honda untuk Gold Wing yang mengkloningnya sebagai model bernama F6B. BMW juga melakukan hal yang sama, dari K1600B jadi K1600GT.

Baca: Moge Touring Yamaha yang Cocok untuk Paspampres

Membawa gaya Star Venture, Eluder mendapat peranti yang sama. Ada mode berkendara, kontrol traksi, sistem infotainment, pemanas, semuanya.

Panel instrumen Yamaha Star Eluder.visordown Panel instrumen Yamaha Star Eluder.
Torsi juga dianggap lebih penting ketimbang tenaga. Mesin Eluder bisa mencapai torsi puncak 170,8 Nm untuk membawa bobot yang cukup berat, mencapai 396 kg. Opsi paket model GT termasuk adanya kontrol navigasi, CB Radio, menambah bobot sekitar 1 kg.

Fitur standar yang sudah termasuk di dalamnya adalah sistem koneksi Bluetooth, yang berarti bahwa motor ini kompatibel dengan berbagai sistem komunikasi modern.

Mesin dengan dual-balancer-shaft dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan yang membuat motor bisa melaju tenang. Mencapai 120 kpj hanya butuh putaran mesin 2.750 rpm.

Sasis kokoh, didukung dengan garpu depan 46 mm, dan suspensi monosok di belakang dengan pengaturan tekanan gas, membuat laju motor seakan melayang mantap. ABS tentu saja jadi standar.

Sayang, motor ini hanya dijual untuk pasar Amerika Serikat dengan banderol 22.499 dollar AS (setara Rp 297 jutaan) dan 23.999 dollar AS (Rp 317 jutaan) untuk versi GT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com