Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan SUV China Mirip CR-V

Kompas.com - 21/08/2017, 10:10 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - PT Sokonindo Automobile sebagai produsen DSFK, sesaat lagi siap memasarkan Glory 580 di Indonesia. Mobil bergenre SUV tujuh penumpang asal China ini akan menjadi penantang Honda CR-V karena secara tampilan depan sangat mirip, selain itu juga akan mengimbangi Nissan X-Trail, dan Mazda CX-5.

Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, DFSK memamerkan tiga unit Glory 580 yang semuanya diimpor langsung dari China, yakni Comfort, Elite, dan Luxury. Meski masih menggunakan kemudi di sebelah kiri, tapi selebihnya diklaim akan sama saat kuartal awal tahun 2018 nanti dipasarkan di Tanah Air.

Baca : SUV China Mirip CR-V , Tiba di Indonesia

Agar tidak penasaran, KompasOtomotif mencoba untuk sedikit membongkar sedikit spesifikasinya. Dari tampilan depan, mulai dari lakukan, bumper, dan headlamp mirip dengan CR-V, sedangkan dari samping, tepatnya pada lekukan pintu baris kedua sampai belakang punya garis yang serupa dengan X-Trail.

Sokon Glory  580Stanly/KompasOtomotif Sokon Glory 580

Secara dimensi, CR-V versi China ini memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm, tinggi 1.715 mm, dan wheelbase 2.780 mm. Bila dibandingkan dengan CR-V, secara panjang dan tinggi Sokon Glory lebih unggul, karena CR-V hanya memiliki tinggi 4.584 mm dan tinggi 1.679 mm.

Interior

Masuk ke kabin, desain dasbor dibuat minimalis meski terlihat ada beberapa unsur kemewahan yang coba diberikan Sokon, seperti permainan dua warna pada doortrim yang menyambung ke jok. Sistem hiburan juga sudah mengandalkan headunit layar sentuh dengan dimensi yang cukup besar, lengkap dengan beragam tombol fungsi pada kemudi.

Interior Sokon Glroy 580Stanly/KompasOtomotif Interior Sokon Glroy 580

Baris kedua memiliki konfigurasi yang simple dengan ruang kepala dan kaki yang maksimal untuk penumpang dewasa. Sistem pendingin udara juga disalurkan melalui kisi-kisi yang tertanam pada atap tanpa menggunakan blower tengah.

Bari kedua dan ketiga pada Sokon glory 580Stanly/KompasOtomotif Bari kedua dan ketiga pada Sokon glory 580

Sementara di baris ketiga, dimensi ruangnya lebih minim pada ruang kaki dan kepala. Bentuk joknya pun dibuat lebih tipis sehingga akan lebih nyaman digunakan untuk menampung anak-anak dibanding orang dewasa.

Mesin

Dari data di atas kertas, Sokon Glory 580 akan mengusung dua pilihan mesin bensin. Yang pertama adalah SFG18 dengan kubikasi 1.798 cc bertenaga 130 tk, setelah itu SFG15T 1.498cc dengan tenaga yang lebih besar 147,5 tk dengan adanya turbo.

Mesin Sokon GloryStanly/KompasOtomotif Mesin Sokon Glory

memberikan opsi yang lebih banyak, Sokon meyediakan tiga tipe pilihan transmisi. Mulai dari manual lima perceptaan, manual enam percepatan, dan CVT, yang semuanya akan menyalurkan tenaga ke pengerak roda depan.

Dari informasi yang KompasOtomotif dapat, rencananya Sokon Glory 580 akan dibanderol dengan harga yang kompetitif dibandingkan kompetitor lain asal Jepang. Kisarannya akan berada di Rp 200 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com