Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Honda Soal Produksi Mesin Moge Yamaha

Kompas.com - 31/07/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Rival abadi Honda di dalam negeri, Yamaha, berencana akan menjadi basis produksi untuk mesin moge, berukuran  di atas 700cc. Investasi besar juga akan digelontorkan.

Pasalnya, dengan fasilitas yang ada saat ini saja, Yamaha masih kedodoran memenuhi permintaan dalam negeri, jadi perlu tambahan. Namun, mendengar informasi tersebut, pihak Astra Honda Motor (AHM) masih bergeming  dan tampak tidak terpancing.

David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM mengatakan, pihaknya masih belum tertarik melakukan itu. Alasannya, demand yang ada di dalam negeri tidak banyak, begitu juga di pasar global.

“Kalau kami melokalisasi, mereka punya segmen terbatas, dan lebih tinggi investasinya. Namun, ya kita lihat ke depan,” ujar David, Kamis (27/7/2017). David menolak ketika disebut kalau produksi moge di dalam negeri sesuatu yang tidak mungkin.

David menambahkan, kalau mereka masih fokus untuk memenuhi pasar domestik, yang disebut-sebut  masih cukup menyibukkan. Di mana saat ini, merek sepeda motor Honda, menguasai hampir 75 persen dari pasar dalam negeri.

“Aku katakan seperti ini, dan tidak menjelekkan merek lain, di mana mengurusi permintaan sekarang saja sudah pontang-panting, kapasitas  kami sudah mepet, bagaimana jika ditambah moge-nya,” ujar David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com