Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Sudah Siapkan “Line” Produksi Motor Listrik

Kompas.com - 28/07/2017, 09:58 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -  Tak begitu tampak dipermukaan, produsen kendaraan roda dua terbesar Indonesia berdarah Jepang, Astra Honda Motor (AHM), ternyata sudah menyiapkan jalur produksi untuk sepeda motor listrik.

Kabar ini memperkuat pernyataan sebelunya yang pernah dikeluarkan oleh bos AHM, Toshiyuki Inuma. Pria yang menjabat Presiden Direktur AHM mengatakan, kalau Indonesia siap memproduksi motor listrik.

Baca juga : Honda Siap Produksi Motor LIstrik di Indonesia

“Line produksinya sudah disiapkan dong, karena kalau tidak, kami bisa ketinggalan. Kami sudah siapkan,” ujar David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM saat ditanyakan soal persiapan produksi, Kamis (27/7/2017).

Namun, kata David, Honda sendiri sampai saat ini masih terus melakukan studi, menyoal teknologi sepeda motor listrik. “Nah teknologi motor listriknya sendiri yang masih diimprove terus,” ucap David.

Basis Produksi Motor Listrik Dunia

Dilemparkan pertanyaan soal basis produksi dunia, David masih tampak menahan-nahan informasi, dan belum mau terbuka. Dirinya menyebutkan kalau hal tersebut, tergantung dari demand-nya secara global juga.

“Tergantung minatnya secar global, sebab investasinya lumayan besar,” kata David.

Baca juga : Demi Motor Listrik, Honda dan Yamaha “Bergandengan”

Namun, jika memang sudah menyiapkan line produksi dengan investasi yang besar, logikanya Honda akan memanfaatkan itu juga untuk pasar lain, alias ekspor. Karena pasar dalam negeri nampaknya masih belum bisa diandalkan dan kurang mumpuni dari segi infrastruktur.

Selain riset motor listrik yang sudah dilakukan AHM bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Honda juga mulai bergerak melakukan pengujian melalui sistem penyewaan motor listrik bersama Yamaha di di kampung halamannya, tepatnya di Saitama. Jepang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com