Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Turun, Pabrik AHM Kurangi Jam Kerja Produksi

Kompas.com - 30/07/2017, 07:10 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar otomotif roda dua dalam negeri semester pertama ini masih belum membaik. Dari data distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), secara total mengalami penurunan 8,85 persen.

Kondisi tersebut tentu berefek pada kegiatan produksi yang volumenya kemungkinan bakal dikurangi, atau menyesuaikan pasar. Produsen sepeda motor Astra Honda Motor (AHM) misalnya, walaupun mengatakan belum merevisi target produksi, tapi mereka mengaku sudah mengurangi  jam kerja.

“Memang saat ini pasar sepeda motor sedang turun, di mana pabrik kami kalau dari jam kerja ada pengurangan. Jadi begini saja, kalau dahulu tiga shift tapi sekarang menjadi dua shift, dan jika sebelumnya dalam satu bulan ada lima kali overtime, tapi sekarang hanya dua kali, menyesuaikan saja,“ ujar David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM ketika ditanyakan KompasOtomotif, Kamis (28/7/2017).

Katika ditanyakan, apakah penyesuaian juga dilakukan dengan mengurangi karyawan, David menampiknya. Dirinya menyebutkan kalau pekerja yang dimiliki adalah aset, bahkan yang statusnya kontrak.

“Soal pengurangan, itu tidak boleh, kami menyebut karyawan kami itu aset. Bahkan kalau karyawan kontrak sering diganti, maka bisa mengurangi kualitasnya,” ujar David.

Saat ini, total karyawan yang dimiliki mencapai 23.500 orang, dengan komposisi karyawan kontraknya sekitar 30 persen sampai 40 persen. AHM memiliki lima pabrik, yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang, di mana keempat dan kelima berdiri bersandingan, di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com