Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Wholesales” Lexus Paruh Pertama 2017 Melejit

Kompas.com - 27/07/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Merek premium milik Toyota, Lexus, alami pertumbuhan signifikan pada semester pertama 2017. Dibanding periode yang sama tahun lalu, kenaikannya mencapai 37,38 persen, menjadi 724 unit.

Angka tersebut ini jauh dibanding pertumbuhan pasar kendaraan roda empat nasional, yang hanya 0,41 persen, sesuai data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Meski begitu, pencapaian Lexus di Juni sendiri anjlok, atau turun sampai 38 persenan.

“Iya kami mengalami kenaikan. Ini didukung oleh beberapa faktor, di mana yang pertama yaitu kami memiliki basis konsumen yang rata-rata semuanya loyal. Mereka yang sudah pernah membeli, pasti melakukan pembelian lagi di kami,” ujar Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, Rabu (26/7/2017).

Kemudian yang kedua, kata Adrian, karena upaya positif Lexus untuk terus memperluas variasi layanan. Mulai dari menyediakan servis dan suku cadang gratis, dan banyak memberikan pelayanan khusus pada customer.

Wholesales LExus Indonesia Januari-Juni 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales LExus Indonesia Januari-Juni 2017 (diolah dari data Gaikindo).

“Program pelayanan  kami yang lainnya lagi adalah mobile concierge service. Itu semua yang ternyata dinanti-nantikan oleh konsumen kelas atas,” ucap Adrian.

Adrian menyebutkan, kalau konsumen premium tidak lagi membeli mobil karena produknya atau lantaran diskon. Namun untuk di level ini, mereka lebih memilih soal pelayanan apa yang bisa didapatkan.

“Mungkin untuk mobil-mobil yang lain, yang ada di kelas bawah lebih ke arah diskon atau produk, tapi tidak untuk kami. Karena mereka umunya bisa beli yang mereka mau. Karena itu kami masuk ke dalam konsep Experience Amazing ini, yang merupakan tatanan baru Lexus seluruh dunia, dimaksudkan untuk bisa lebih care kepada pelanggan,” ucap Adrian.

“Kalau target sampai akhir tahun, kemungkinan diproyeksi akan sama seperti tahun lalu, tidak ada ada perbedaan terlalu jauh. Kami memang tidak mengejar volume,” ujar Adrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com