Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2017, 20:04 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Autoblog

Stuttgart, KompasOtomotif - Dalam dunia modifikasi, memang tidak ada batasan khusus bila bicara dari sisi kreativitas dan kepuasan batin. Mau mobil jenis apapun bisa dirombak dan dijadikan bahan bila memang dana tercukupi.

Contohnya seperti Mercedes-Benz E-Class All Terrain yang diubah menjadi sedan petualang oleh seorang insinyur asal Jerman, Jurgen Eberle. Rombakan pada sedan berjenis wagon ini memang menyimpang, karena sejatinya E-Class merupakan sebuah sedan eksekutif yang terkenal dengan kenyamanan dan kemewahannya.

Dilansir dari Autoblog, selain karena hobi Eberle rupanya ingin mendorong kemampuan E-Class All-Train hingga batas maksimal. Berangkat dari hal tersebut, akhirnya ia memutuskan mengubahnya menjadi sebuah kendaraan off-road 4×4² yang mampu melahap segala medan dan terinspirasi dari model G500 4x4².

Mercedes-Benz E-Class All-Terrainautoblog.com Mercedes-Benz E-Class All-Terrain

Pengerjaan yang dilakukan tidak main-main, terutama pada sekotr kaki-kaki. Dimensi pelek dipilih dengan lingkar besar yakni 20 inci dari R-Class lengkap bersama ban penggaruk tanah, sedangkan untuk meningkatkan kemampuan melahap medan ekstrem, Eberle berkonsultasi dengan pihak AMG untuk mengubah sudut geometri driveshaft.

Tidak sampai disitu, semua sistem peredam kejut juga diubah menggunakan bearing motorsport keluaran Uniball, termasuk bushing karetnya. Sedangkan bagian depan ditanam suspensi multi-link independen.

Mercedes-Benz E-Class All-Terrain Mercedes-Benz E-Class All-Terrain

Perubahan ini membuat E-Class memiliki tongkrongan yang lebih tinggi. Jarak ground clearance-nya naik menjadi 420 mm, hal ini diklaim dua kali lipat dari model standarnya. Agar terlihat rapi, beberapa kosmetik diterapkan, termasuk pemasangan over fender berwarna gelap.

Baca : Mercedes-Benz Mulai "Centil" dengan Wanita

Mercedes-Benz E-Class All-Terrain Mercedes-Benz E-Class All-Terrain

Menariknya, dengan ragam ubahan yang sudah dilakukan Eberle sama sekali tidak menyentuh sektor perfroma. Mesin aslinya masih mengeluarkan tenaga standar yakni 194 tk yang dipadukan melalui transmisi 9G-Tronic sembilan percepatan otomatis.

Jeripayah Eberle menggarap mobil ini tidak sia-sia. Saat ini mobilnya bisa diajak berpetualan, bahkan diklaim memiliki kemampuan layakanya G-Class.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com