Senyapnya Kabin All-new Mazda CX-5 - Kompas.com

Senyapnya Kabin All-new Mazda CX-5

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 18/07/2017, 07:23 WIB
All-new Mazda CX-5. Ghulam/KompasOtomotif All-new Mazda CX-5.

Nusa Dua, KompasOtomotif – Soal model baru All-New Mazda CX-5, masih ada satu pembahasan yang menarik lagi, yaitu terkait kesenyapan kabin. Memang, meski belum diperkenalkan resmi ke publik Tanah Air, produk ini sudah dijajal oleh rekan media otomotif nasional.

Secara objektif, redaksi KompasOtomotif cukup mengapresiasi kekedapannya, yang bisa dikatakan sampai pada tingkat “nyaman”. Ketika mulai menyalakan mesin, dalam kondisi pintu dan kaca tertutup, suaranya tidak mengganggu ruang kabin.

Begitupun saat melaju, sejak dipacu pada kecepatan rendah sampai tinggi (80kpj), dengan berbagai kondisi jalan, yang membuat gesekan ban dan aspal menghasilkan tingkat suara berbeda, kebisingannya tidak banyak menembus ke kabin.

Juga di beberapa wilayah, rombongan sempat diguyur hujan cukup deras, tapi lagi-lagi, obrolan di dalam kabin yang disertai suara musik, di level volume sedang (setengah dari total level volume) tidak terasa menggangu.

Baca: Mazda CX-5 Tampak Serupa, Tapi Banjir Fitur Terbaru

Perbaikan-perbaikan yang dilakukan engineer Mazda, untuk membuat ruang kabin All-new CX-5 lebih nyaman.Istimewa Perbaikan-perbaikan yang dilakukan engineer Mazda, untuk membuat ruang kabin All-new CX-5 lebih nyaman.

Penjelasan Pihak Mazda

Dari paparan teknis Kiyoshi Hayashi, Deputy Program Manager Vehicle, Development Promotion Department Mazda, mereka melakukan beberapa improvisasi dan membuat kabin CX-5 terbaru ini 10 persen lebih kedap dibanding model sebelumnya.

“Kami membuat kemajuan besar soal tingkat kebisingan kabin dibanding model sebelumnya. Kami ingin menciptakan ruang, di mana semua penghuni mobil (depan belakang) bisa menikmati percakapan tanpa gangguan,” ujar Hayashi.

“Selain improvisasi pada bagian eksterior, kami juga melakuan sentuhan pada bagian dalam mobil, dan mengambil beberapa langkah untuk mengurangi noise jalan, angin dan ban. Akibatnya, kebisingan turun ke tingkat di mana tidak mendistraksi orang-orang di dalam mobil,” ucap Hayashi.

Di dalam gambar 1, bisa dilihat jelas beberapa titik perbaikan dan peningkatan pada Mazda CX-5, untuk memperbaiki performa NVH (noise, vibration, and harshness). 

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM