Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Lebaran, Banyak yang “Nunggak” Cicilan Mobil

Kompas.com - 14/06/2017, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Musim lebaran tidak dipungkiri merupakan momen yang cukup menyedot kondisi keuangan. Bahkan, tak jarang tabungan satu tahun amblas, hanya untuk merayakan berakhirnya bulan Ramadhan tesebut.

Perilaku tersebut ternyata kerap berimbas negatif bagi perusahaan pembiayaan, salah satunya yang dialami PT Astra Cedit Company (ACC). Mereka mengaku ada banyak debiturnya menunggak, atau telat melakukan pembayaran, pasca-Lebaran.

“Setelah lebaran selalu naik default-nya dan data tersebut tidak bohong. Tentu saja logikanya sangat jelas, di mana saat lebaran orang habis-habisan, uangnya terpakai dan pasti mereka telat bayar,” ujar Jodjana Jody, Chief Executive Officer ACC, Selasa (14/6/2017).

Untuk kembali memperbaiki kualitas cicilannya, Jody mengatakan, salah satu cara yang dilakukan ACC biasanya memberikan “Diskon Penalty/Penalty Amnesty”. Keringanan denda tunggakan tersebut, merangsang pada debitur untuk mau kembali membayar.

“Kami memiliki bermacam-macam trik di lapangan, tapi biasanya kami berikan diskon penalty. Jadi kalau ada orang yang abis lebaran pembayarannya kacau, dan tidak nunggak lagi, akan diberikan keringanan seperti itu, atau jenis lainnya,” tutur Jody.

“Itu sudah pengalaman kami, di mana habis lebaran pasti loyo dan kebanyakan orang tidak bayar  karena habis untuk konsumsi. Baru kemudian akan membaik lagi mungkin pada Agustus mendatang,” ucap Jody.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com