Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Lagi Kreativitas Modifikasi Pecinta Motor Honda

Kompas.com - 25/05/2017, 13:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Honda Modif Contest (HMC) di 15 kota sepanjang Juni–Oktober 2017. Memasuki usianya yang telah satu dekade, gelaran modifikasi akbar ini akan mewadahi kreativitas modifikator dan komunitas Honda dengan tetap mengutamakan unsur keamanan motor dan kelayakan dikendarai di jalan.

Ajang ini diharapkan mampu menjaring 1.500 peserta penggemar modifikasi sepeda motor di Indonesia.  Regulasi utamanya, mutlak bagi motor peserta untuk dapat dikendarai dengan dilakukannya tes jalan sepanjang 300 meter.

Penjurian HMC 2017 dilakukan oleh media. Selain bisa jalan normal, motor-motor ”oprekan” peserta juga akan dinilai dari ide atau konsep yang diusung, fungsi, estetika, finishing, serta detailnya.

Ada enam kelas yang dilombakan. Khusus motor Honda produksi 2006 ke atas, dibuka empat kelas, yakni Matic & Cub Stok untuk gaya modifikasi Stock & Stickers / Decals dengan mesin skutik dan cub, lalu ada kelas Matic & Cub Advance untuk gaya modifikasi Advance & Airbrush / Paintings dengan mesin skutik dan cub.

AHM Honda akan memastikan semua motor yang ikut kontes bisa dikendarai dengan aman.
Kemudian ada juga kelas Sport Stock untuk gaya modifikasi Stock & Stickers / Decals dengan mesin sport, dan ada lagi kelas Sport Advance untuk gaya modifikasi Advance & Airbrush / Paintings dengan mesin sport.

Selain itu, turut dibuka dua kelas lainnya yakni Free For All (FFA) untuk modifikasi tipe skutik, cub, dan sport dengan gaya modifikasi ekstrem, serta kelas All Stock Advance < 2006 untuk motor cub dan sport Honda produksi dibawah tahun 2006 dengan gaya modifikasi Stock / Advance, Stickers / Decals, Airbrush & Paintings.

HMC 2017 dibuka di Manado, Sulawesi Utara (3/6/2017). Lalu beruturut-turut akan diselenggarakan di  Denpasar (10/6), Solo (18/6), Surabaya (16/7), Bandung (23/7), Banjarmasin (30/7), Pekanbaru (5/8), Makassar (13/8), Samarinda (20/8), Bandar Lampung (27/8), Jakarta (10/9), Cirebon (17/9), Mataram (24/9), Malang (1/10). Final Battle sebagai puncaknya akan dilangsung Oktober 2017 di ajang Honda Bikers Day (HBD).

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra, mengatakan bahwa AHM terus melakukan perubahan konsep acara dan kelas yang dilombakan agar dapat semakin mengakomodasi perkembangan tren serta minat penggemar modifikasi, namun tetap aman dan layak dikendarai.

”Melalui HMC kami ingin terus mengedepankan pentingnya modifikasi yang aman dan layak dikendarai dengan merangkul pecinta motor Honda, juga modifikator muda berbakat. Ajang ini pun menjadi sarana kami untuk terus mementingkan keselamatan berkendara sebagai bagian dari gaya hidup,” kata Indraputra dalam siaran resmi (23/5/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com