Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambutan pada Mazda CX-3 Melebihi Ekspektasi

Kompas.com - 28/04/2017, 09:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifMazda CX-3 sudah punya tanda-tanda untuk menjadi volume maker. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengaku terkejut dengan pemesanan yang cukup banyak, terutama dari luar Jakarta yang ternyata lebih besar.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur EMI, mengatakan belum tahu persis jumlah detail pemesanan karena masih dikalkukasi. Namun dari antusiasme diler dan konsumen, dianggapnya jauh melebihi ekspektasi yang ditanamkan di awal peluncuran.

”Beberapa diler meminta stok lebih banyak dari pemesanan sebelumnya. Permintaan yang banyak ini justru saya lihat di daerah (luar Jakarta). Mungkin di Jakarta nunggu momen IIMS,” ujar Roy ditemuai usai meluncurkan booth Mazda IIMS 2017 di JI Expo, Kemayoran, (27/4/2017).

Banyaknya serapan di daerah diakui Roy akibat dari sokongan kerjasama dengan pihak lain, termasuk lembaga pembiayaan uang menyediakan pilihan paket kredit yang disukai konsumen, khususnya di daerah luar Jakarta.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di dalam Mazda CX-3 generasi terbaru saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017).
Kondisi infrastruktur yang kurang baik di daerah dan kesukaan orang akan SUV, bergeser dari MPV, juga dianggap menjadi salah satu alasan diterima CX-3.

Tentu, Roy tidak menutupi jika pemesanan yang lebih banyak dari dugaan awal ini akan berimbas pada waktu pengiriman. Apalagi, Mazda CX-3 berstatus CBU dari Jepang yang tak mungkin bisa terus menyuplai dalam jumlah yang masif seperti produk rakitan lokal.

”Pemesanan selanjutnya pasti kami akan meminta lebih (jatah dari pinsipal). Sementara ini unit sudah ada di diler-diler dan siap dikirimkan ke konsumen untuk yang memesan paling awal. Warna favorit tetap Soul Red,” ucap Roy.

Tahun ini, EMI menargetkan jualan CX-3 1.000-an unit, atau seperenam dari target tahunan yang mencapai 6.000-an unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com