Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Jalan Sang Legenda Balap John Surtees

Kompas.com - 11/03/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Kabar duka datang dari dunia motorsport, di mana pebalap legendaris berdarah Inggris, John Surtees, meninggal di usianya yang ke-83, Jumat (10/3/2017). Surtees merupakan satu-satunya orang yang berhasil meraih gelar juara dunia di Formula 1 dan balap motor.

Mengutip Crash.net, Jumat (10/3/2017) di ajang balap roda dua, dirinya berhasil menorehkan nama di podium tertinggi kelas 500cc (sekarang bernama MotoGP), pada 1956, 1958, 1959 dan 1960, sebelum mulai menunjukkan bakat lainnya untuk memacu jet darat roda empat.

Tidak perlu memakan waktu lama, untuk membuktikan kemampuannya, di mana pada 1964, Surtees berhasil menduduki takhta juara dunia Formula 1 di tim Ferrari. Setelah itu, dirinya terus menjadi pebalap F1 untuk tim Honda dan BRM, hingga akhirnya pensiun di 1972.

"John, dirawat di Rumah Sakit St Georges, London pada Februari, dengan kondisi pernapasan yang menghawatirkan. Dirawat dalam waktu yang singkat dengan perawatan intensif, Surtees akhirnya mengebuskan napasnya yang terakhir sore ini. Jane (istri) dan Leonora dan Edwina (putrinya) berada di sisinya,” ujar juru bicara keluarga.

“Dia juga salah satu yang hebat dan sejati di motorsport, serta terus bekerja tanpa lelah sampai pada baru-baru ini, menggarap projek antara The Henry Surtees Foundation dan Buckmore Park Kart Circuit,” tutur pihak keluarga.

Surtees memenangkan 38 balapan di kejuaraan dunia balap motor, sebelum meraih enam kemenangan di F1, sepanjang karir balapnya selama 20 tahun. Dirinya juga membangun Henry Surtees Foundation untuk putranya yang meninggal tragis, ketika berkompetisi di FIA Formula 2 Championship pada 2009. Yayasan ini membantu orang-orang dengan luka kecelakaan dan membantu anak muda untuk mengembangkan kemampuan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com