Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Capai Rekor Penjualan pada 2016

Kompas.com - 02/02/2017, 12:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – SAIC-General Motors-Wuling (SGMW), bukukan rekor penjualan mobil baru di negeri asalnya China pada 2016. Penjualan produk SGMW mencapai angka 2,13 juta unit, atau melonjak dibandingkan penjualan di 2015 yang hanya 2,04 juta unit.

Dua anak usaha perusahaan, yakni Wuling dan Baojun merupakan kontributor utama dalam hasil tahun lalu. Wuling menyumbang penjualan 1.369.618 unit, sementara Baojun 760.559 unit dengan pertumbuhan 51,2 persen, dibanding 2015.

Dari siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, kontribusi penjualan terbesar untuk SGMW diberikan oleh Wuling Hongguang. Mobil yang menyasar segmen kendaraan multi guna yang diklaim terjual 650.018 unit pada 2016. MPV ini juga yang rencananya bakal dipasarkan ke Indonesia.

Baca juga : Pabrik Wuling di Indonesia Segera Beroperasi

Produsen mobil ini juga sudah memperluas pasarnya di Indonesia, dengan gelontoran investasi sampai 700 juta dolar Amerika atau Rp 9,3 triliun. Pabriknya juga diperkirakan akan mulai beroperasi tahun ini, berlokasi di GIIC Cikarang, seluas 60 hektar.

SGMW telah berdiri selama lebih dari 15 tahun sejak 2002, oleh tiga pemegang saham yaitu SAIC Motors Corporation Limited, General Motors (China), dan Guangxi Automobile Group. Produsen mobil ini juga diklaim menjadi perusahaan otomotif pertama, yang mencapai produksi lebih dari 2 juta unit per tahun di China.

Jika SGMW atau Wuling punya nasib baik di negeri asalnya China, mari kita nantikan kiprahnya di industri otomotif dalam negeri. Apakah mereka sanggup bertarung dan bertahan di tengah persaingan ketat, terutama dengan merek Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com