Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Wuling Siap Gandeng Industri Komponen Lokal

Kompas.com - 30/01/2017, 19:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif SGMW Motor Indonesia sebagai perusahaan yang bakal menjadi produsen mobil China di Indonesia menyatakan sudah menggandeng produsen komponen lokal. Inilah bentuk usaha agar menciptakan tingkat kandungan lokal yang tinggi.

Sampai saat ini, pabrik SGMW Motor Indonesia diakui sudah mencapai tingkat kandungan lokal melebihi 50 persen.

“Kami telah bekerja sama dengan sekitar 15 produsen komponen ternama yang nantinya akan berlokasi di supplier park dekat pabrik kami,” kata Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia, Rabu (25/1/2017).

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Maket hasil investasi 700 juta dollar Amerika Serikat yang dilakukan SGMW Motor Indonesia.
SGMW Motor Indonesia memiliki lahan seluas 60 hektar di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Sebesar 30 hektar digunakan buat pabrik perakitan, selebihnya dijadikan supplier park tempat sentralisasi para produsen komponen.

Pendirian pabrik telah ditandai peletakan batu pertama pada Agustus 2015. Pabrik itu akan melahirkan banyak model, dimulai dengan low MPV pada tahun ini.

SGMW Motor Indonesia adalah proyek kolaborasi antara Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) sebagai pemegang saham 50,1 persen dengan General Motors China berikut 44 persen saham, dan Guangxi Automobile Group (Wuling) dengan kepemilikan sebesar 5,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com