Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Capai Produksi 100 Juta Unit Global

Kompas.com - 23/12/2016, 14:36 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Honda Motor Jepang, mengumumkan kalau mereka telah mencapai 100 juta unit, angka kumulatif produksi otomotif model mereka secara global. Tonggak sejarah baru ini dimulai dejak pertama kali memproduksi mobil di 1963, dengan produksi T360 mini-truk dan mobil sport S500, di Pabrik Saitama.

Pada tahun yang sama, Honda mulai produksi S500 mobil sport berukuran kecil di pabrik Hamamatsu, Prefektur Shizuoka. Tahun berikutnya, 1964, untuk megejar produksi dalam skala penuh, Honda mengaktifkan seluruh teknologi produksi untuk digunakan pada pabrik Sayama di Sayama City, Saitama Prefecture.

Pabrik baru tersebut dimulai dengan memproduksi S600 mobil sport berukuran kecil. Pada tahun 1967, Honda mulai produksi N360, Model mini-kendaraan pertama Honda. Sejak itu Honda terus meningkatkan volume produksi dan meningkatkan lineup produk, dengan model global utama di antaranya Civic, Accord, CR-V dan Fit.

Honda juga memperluas operasi produksi di berbagai wilayah dunia termasuk Asia, Eropa, Selatan Amerika dan Cina. Total, Honda saat ini memiliki 34  fasilitas produksi mobil di 18 negara. Melalui inisiatif ini, Honda akhirnya berhasil mencapai angka 100 juta unit, tepatnya pada September 2016, atau tahun ke-54 sejak perusahaan mulai produksi mobil.

"Berkat dukungan dari pelanggan kami di seluruh dunia, Honda mampu memberikan 100 juta mobil. Kami akan terus berjuang kembali untuk memenuhi 100 juta pelanggan berikutnya, Honda akan terus memberikan produk semakin menarik," ujar Takahiro Hachigo, Presiden dan CEO Honda Motor dalam siaran resminya, Jumat (23/12/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com