Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan dan Mitsubishi di Indonesia Sudah Diskusi soal MPV

Kompas.com - 21/12/2016, 13:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Nissan Motor Indonesia (NMI) mengakui sudah bertemu dengan pihak Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai pemegang merek Mitsubishi di dalam negeri untuk membahas aliansi yang dilakukan masing-masing prinsipal di Jepang. Hal itu diungkap Presiden Direktur NMI Antonio Zara di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Sebelumnya, informasi sudah beredar bahwa aliansi Nissan-Mitsubishi bakal berbagi produk yang sama di Indonesia. Rujukannya mengarah ke versi produksi XM Concept yang bakal diluncurkan tahun depan. Model itu bakal memasuki segmen paling besar di Tanah Air, MPV 7-penumpang.

“Keinginan kami mengeksplorasi dengan Mitsubishi di Indonesia, berhubungan dengan MPV,” kata Zara.

Semua ide, kata Zara, akan dieksplorasi sebaik-baiknya. Bukan cuma MPV, melainkan juga platform lainnya. “Kami adalah satu aliansi. Sebelumnya, kami sudah melakukannya bersama Renault. Tujuan itu sama dengan Mitsubishi,” kata Zara.

Baca: Mitsubishi Akhirnya Mengakui "Small MPV" Nissan

Tidak selang berapa lama, Executive General Manager MMC Marketing Division KTB Osamu Iwaba memastikan Mitsubishi di Indonesia akan memasok MPV untuk Nissan pada masa depan. Produk itu diproduksi di pabrik yang sama dengan versi produksi XM Concept di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat.

Meski begitu, diterangkan, kolaborasi ini beda seperti rebadge Toyota Avanza dari Daihatsu Xenia. Produk Nissan memiliki desain berbeda, tetapi menggunakan platform XM Concept.

"Pastinya kedua produk akan memiliki desain yang benar-benar berbeda. Nissan punya desainnya sendiri, begitu juga Mitsubishi. Namun, dalamnya tetap menggunakan platform yang sama," ucap Iwaba, di Bandar Lampung, Senin (19/12/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com