Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari EICMA, Italia.

Ducati Terdahsyat ”Full” Karbon Habis, Indonesia Kebagian?

Kompas.com - 13/11/2016, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Saat Ducati mengumumkan hadirnya Superleggera 1299 dalam World Premiere berbagai model di Elfo Puccini Theater, Milan, Italia, (7/11/2016), CEO Ducati Motor Holding Claudio Domenicali menyebut bahwa model ini menjadi lambang supremasi Ducati.

Inilah sepeda motor pertama di dunia yang dibangun dengan banyak komponen karbon fiber dan diproduksi massal. Itulah sebabnya, Ducati hanya menyediakan 500 unit untuk menjaga ekslusivitasnya, dan itu pun disebut Domenicali sudah habis!

Rupanya Ducati sudah jauh-jauh hari memplot Superleggera 1299 ke berbagai belahan bumi. Lalu, apakah dengan begitu Indonesia kebagian? Managing Director Ducati Indonesia Dhani M Yahya belum mau buka tabir.

Dhani hanya tersenyum saat KompasOtomotif menanyakan soal jatah model ekslusif ini untuk konsumen Indonesia. ”Ekslusif memang, kalau pun ke Indonesia harganya bisa sampai Rp 3,5 miliar,” ucapnya dalam sebuah kesempatan di Milan, usai World Premiere.

Mungkin saja Dhani belum mau mengungkap jatah untuk Indonesia sebagai kejutan untuk konsumen. Atau memang kemungkinan kedua, Indonesia sulit mendapat jatah 500 unit yang dibilang sudah sold out itu.

Tapi yang jelas, Superleggera dahsyat. Motor ini sudah pernah dites Casey Stoner dalam sebuah kesempatan, dan legenda MotoGP yang dalam World Premiere diberi kesempatan untuk meluncurkannya mengatakan bahwa motor ini memang super.

”Sebagai motor produksi massal, Superleggera 1299 punya semua yang diinginkan biker dari sisi performa. Bobotnya ringan membuat motor ini mudah dikendarai dan mencapai performa puncak dengan cepat,” kata Stoner.

Superleggera juga menjadi salah satu superbike paling ringan yang pernah ada. Hampir semua komponen terbuat dari karbon. Di EICMA, Milan, Ducati memajang rangka, lengan ayun, dan berbagai komponen yang terbuat dari karbon. Ini membuat total beratnya cuma 156 kg!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com