Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Jakabaring Akan Menjadi yang Termurah

Kompas.com - 01/11/2016, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sepang, KompasOtomotif - Langkah untuk membangun sirkuit bertaraf internasional di Indonesia untuk bisa mendatangkan ajang MotoGP, memasuki tahap baru. Jakabaring Palembang, sebagai pilihan kedua setelah Sentul yang gagal, sudah rampung membuat desain srikuit, oleh engineer desain terkenal Herman Tilke.

Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan dan Ketua Umum IMI Sadikin Aksa sudah bertemu langsung dan membahas masalah sirkuit kepada bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, Sabtu (29/10/2016). Sadikin mengatakan, kalau sirkuit ini bakal jadi yang termurah versi Tilke.

"Perkiraan biayanya mencapai 30 juta euro atau tidak sampai Rp 500 miliar.  Dana ini masih jauh lebih kecil daripada pembangunan stadion. Rencananya Herman Tilke membuat sirkuit paling murah di dunia tapi dengan spesifikasi setara event MotoGP," ujar Sadikin, Minggu (30/10/2016).

Tarik Investor

Alex melanjutkan, kalau proyek ini akan didadanai oleh investor dari pihak swasta. Dirinya mengatakan, akan sangat berat jika mengandalkan dana pemerintah pusat maupun daerah.

"Ini murni swasta, karena dana APBN saat ini sedang dalam kondisi yang sulit, lebih lagi APBD saat ini. Kami di Sematera Selatan punya banyak kemauan, tapi uang tidak ada. Hebatnya Jakabaring begitu, kami tidak gunakan dana rakyat sepenuhnya," ujar Alex.

Alex menambahkan, kalau investor yang sudah mendaftar saat ini sudah ada lebih dari dua. Bersama dengan tim proyek, proses penyeleksian investor akan dilakukan akhir tahun ini. Alex belum mau mengatakan siapa saja investornya.

"Investornya dari dalam dan luar negeri. Semua yang masuk merupakan investor yag berkualitas. Nanti kita adu mereka," ucap Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com