Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suspensi Udara "Ramai" di Kontes Modifikasi Jazz & Brio

Kompas.com - 30/09/2016, 08:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Adu kreasi Jazz dan Brio Tuning Contest tahun ini kembali menghadirkan berbagai macam elemen modifikasi. Salah satu tren yang menonjol dari 20 mobil peserta yang tampil di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (29/9/2016), yaitu maraknya penggunaan suspensi udara.

Ada dua unit modifikasi Jazz dan setidaknya lima unit Brio yang memakai peredam kejut jenis ini. Di kondisi nyata, suspensi udara membantu pengaturan tinggi ground clearance. Aplikasinya umum digunakan pada bus atau kendaraan besar.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pelek mepet fender saat parkir jadi ciri khas penggunaan suspensi udara.
Akan tetapi buat kontes fungsinya sedikit berbeda. Selain bisa bikin ceper dan menunjang nuansa elegan, suspensi udara juga membantu para peserta memenuhi salah satu regulasi yang berlaku, yakni mobil kontes bukan hanya pajangan tapi juga harus bisa dikendarai.

Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu hasil modifikasi di Jazz Tuning Contest 2016
Suspensi udara bukan barang baru dalam kontes modifikasi di Indonesia. Perangkat ini banyak sudah banyak jadi bagian arah modifikasi elegan ataupun menjurus sporty.

Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu karya modifikasi di Brio Tuning Contest 2016.
Pemakaian alat ini juga berarti membuat pemilik harus menyisihkan ruang untuk kompresor listrik yang memompa udara untuk naik-turunnya peredam kejut. Trik khusus dan efisiensi wajib dipikirkan karena ruang yang tersedia juga digarap untuk modifikasi lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com