Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Komponen Baru Beroperasi di Karawang

Kompas.com - 29/09/2016, 12:11 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Produsen komponen otomotif PT Aisin Indonesia Automotive (AIIA) dan PT Advics Manufacturing Indonesia (ADSMIN) resmikan pembangunan pabrik di Kawasan Industri KIIC Karawang, Jawa Barat, Kamis (29/9/2016).

Secara tidak langsung kedua perusahaan tesebut, sahamnya dimiliki oleh Astra Otoparts, melaui anak usahanya PT Aisin Indonesia yang berkerja sama dengan Aisin Seiki Jepang menghasilkan AIIA. Kemudian perusahaan ADSMIN, yang dilahirkan dari Aisin Indonesia dengan Advics Indonesia.

Gelontoran dana Investasi untuk fasilitas produksi PT AIIA menyentuh angka Rp 1,1 triliun, dan berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Didukung oleh 500 orang pekerja, AIIA telah memulai aktivitas produksi body parts dan engine parts di Mei 2016, dengan kapasitas prouksi 6 juta unit per tahun.

Produk yang dhasilkan AIA sendiri di antaranya center pilar garnish, door handle, power seat motor, power siliding door untuk body parts dan cam housing, engine front module, oil pan, oil pump, dan water pump untuk engine parts. Komponen tersebut sudah digunakan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Suzuki Indomobil Motor.

Sementara untuk ADSMIN, pembangunan fasilitasnya memakan biaya Rp 360 miliar, dengan lahan seluas  2 hektar. Pabrik ini memproduksi komponen brake system , yang dipasok ke TMMIN, ADM, dan Inti Garda Perdana (IGP), Suzuki Indomobil Motor, Nissan Motor Indonesia. Pabrik ini menyerap 200 orang karyawan dengan kapasitas produksi 1 juta unit pertahun.

Pihak AIIA dalam siaran resminya menyampaikan, kedua pabrik ini dharapkan bisa memberikan kontribusi positif, terkait dengan produksi komponen otomotif lokal, dengan standar yang tinggi. Lebih dari itu, bisa mewujudkan daya saing, melalui harga yang kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com