Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Investasi, Nissan Bangun Pabrik Baru di Indonesia

Kompas.com - 08/09/2016, 16:29 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Purwakarta, KompasOtomotif — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menambah investasi dengan membangun pabrik baru di Purwakarta. Lokasi fasilitas baru ini masih berada di dalam area pabrik NMI sebelumnya.

Pabrik ini nantinya akan digunakan untuk memproduksi mesin dan transmisi. Dana yang digelontorkan mencapai angkat 3,4 miliar yen atau Rp 436,8 miliar. Ini dianggap merefleksikan komitmen Nissan di Indonesia.

Di atas lahan seluas 3.000 meter persegi, fasilitas baru ini akan diisi dengan line produksi engine machining, yang nantinya memungkinkan NMI untuk memproduksi mesin dan transmisi secara lokal. Total kapasitas produksi mencapai 96.000 unit per tahun dan akan mulai beroperasi pada September 2017 mendatang.

"Indonesia merupakan salah satu pasar strategis bagi Nissan secara global. Investasi ini menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perusahaan kami. Nissan sudah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2001 dan pabrik baru ini menegaskan kembali berkomitmen jangka panjang kami di Indonesia," ujar Antonio Zara, Presiden Direktur NMI, dalam siaran resminya, Kamis (8/9/2016), pada acara peletakan batu pertama di Purwakarta.

Fumitoshi Yoshikawa, Wakil Presiden Direktur NMI, menambahkan, pabrik baru ini diharapkan mampu memberikan produk terbaik yang sesuai dengan standar sistem produksi, yaitu "Nissan Production Way".

"Kami yakin pabrik ini nantinya akan memproduksi engine dan transmisi berkualitas tinggi sehingga kami dapat memberikan produk kendaraan terbaik bagi konsumen di Indonesia," ucap Yoshikawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com