Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Pesaing Avanza-Xenia dari China

Kompas.com - 12/08/2016, 14:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Keseriusan PT SAIC-General Motors Wuling (SGMW) Indonesia untuk terjun di pasar otomotif nasional cukup bikin penasaran. Mereka siap menerjunkan MPV 7-seater bermerek Wuling dengan harga bersaing, namun kualitas diklaim tak kalah bahkan bisa lebih tinggi.

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Wuling pamer diri untuk pertama kalinya, membawa dua model, yakni Hongguang dan Baojun. Namun Presiden SGMW Indonesia Xu Feiyun mengatakan bahwa, Hongguang yang akan dipasarkan dan punya nama Indonesia.

KompasOtomotif pun sedikit mengeksplorasi mobil ini. Dari tampang, Wuling Hongguang cukup menarik. Tongkrongannya tampak bongsor, tapi itu lebih karena dimensinya yang tinggi. Desain tidak jiplak kanan-kiri, seperti kebiasaan mobil merek China.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Bagian dashboard Wuling Hongguang.
Wuling Hongguang sudah dilengkapi dengan lampu kombinasi bohlam dan proyektor. Pada bemper sudah ada sepasang lampu kabut desain trapesium. Gril sederhana, tak terlalu besar, dan dipisah garis dengan logo Wuling. Bagian belakang hampir sama, desain modern dengan lampu mendatar.

Interior
SGMW Indonesia masih membawa Wuling Hongguang dengan spesifikasi China. Setir masih berada di sisi kiri. Namun Xu Feiyun menegaskan bahwa spesifikasi tidak jauh berbeda, kecuali pemindahan sisi setir ke sebelah kanan.

Selebihnya, di luar dugaan. Jika biasanya kualitas material dan tingkat presisi pemasangan komponen kabin mobil merek China sedikit mengecewakan, kali ini tidak. Wuling menggunakan material yang nyaman, dipasang sangat rapi, bahkan cenderung terkesan mewah.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Jok baris kedua model captain seat.
Desain dashboard juga mulus dan ergonomis, termasuk panel meter, meski belum diketahui kemampuan penyuguhan informasinya. Ada beberapa panel berlapis krom, termasuk kisi-kisi AC.

Nuansa kabin wrna krem, dan menariknya semua jok dilapisi kulit yang nyaman. Jok baris kedua model captain seat. Secara keseluruhan leg room baris kedua dan ketiga nyaman untuk penumpang dewasa. Head room apalagi, tidak ada kendala di bagian ini.

Menarik menanti harga yang akan dirilis tahun depan. SGMW Indonesia akan merakitnya secara lokal di pabrik baru di Cikarang, Bekasi, dengan investasi 700 juta dollar AS atau setara Rp 9,2 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com