Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Siap Jadi Anggota Gaikindo

Kompas.com - 01/06/2016, 09:24 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – SAIC GM Wuling (SGMW) dikabarkan tengah mengurus persyaratan untuk menjadi anggota termuda Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Sebagai bukti keseriusannya, merek asal China itu akan mengikuti pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2016.

Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi, mengatakan, ada satu persyaratan yang belum didapat SGMW, yakni mendapatkan surat rekomendasi dari Kementerian Perindustrian. Setelah itu, baru resmi menjadi member Gaikindo.

“Salah satu syarat yakni harus memenuhi persyaratan dari pemerintah dan melunasi administrasi yang kita tentukan,” kata Nangoi saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Selasa (31/5/2016).

Nangoi melanjutkan, sebagai asosiasi, Gaikindo sangat terbuka dan memberikan kesempatan kepada seluruh Agen Pemegang Merek (APM) untuk bergabung. Meski berasal dari China, tidak ada perlakuan yang beda atau semua tetap disamaratakan.

“Mau merek apa saja kita akan menghormati, mereka mau gabung menjadi member atau tidak sebenarnya urusan masing-masing, tetapi ada baiknya menjadi satu semuanya,” ucap Nangoi.

Saat ini, member Gaikindo berjumlah 25 APM, yakni Daihatsu, UD Truck, Renault, Chery, MAN Truk, Ford, Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, Audi, Volkswagen, FAW, Geely, Chevrolet, Jaguar, Land Rover, Bentley, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Mitsubishi, Mazda, Proton, Suzuki, Tata, Subaru, BMW, Peugeot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com