Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Terbesar Kelima di Dunia

Kompas.com - 03/08/2016, 19:20 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Merek kendaraan roda empat asal Jepang, Toyota, di mata otomotif global punya nama yang populer, bahkan menjadi salah satu merek mobil terlaris. Beruntungnya, Indonesia menjadi salah satu basis produksinya.

Dari beberapa negara yang menjadi jadi tempat merek ini memproduksi mobil, Indonesia ternyata ada di urutan kelima yang memiliki volume produksi terbanyak. Pada tahun 2015 lalu saja, total produksi Toyota mencapai 370.000.

“Filosofi yaitu di mana dia berjualan di situ ada produksi, dan salah satunya di Indonesia. Sejatinya, pabrik dibangun untuk mendekati konsumen Toyota,” ujar Bob Azam Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Rabu (3/8/2016).

Bob melanjukan, dari data tahun 2015 posisi pertama masih di wilayah Amerika dengan jumlah produksi mencapai 1,34 juta unit. Kemudian di posisi kedua ada China 1,01 juta unit, dan diikuti oleh Thailand dengan volume pertahunnya sebesar 630.000 unit.

“Baru setelah itu pada posisi keempat dan kelima ada Kanada dan Indonesia, masing-masing sebesar 590.000 unit dan 370.000 unit. Jadi Indonesia ada di posisi kelima di dunia,” tutur Bob.

Bob melanjutkan, angka produksi ini untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor. “Dibanding dengan merek lain di Indonesia, kami salah satu yang memiliki kompoisisi cukup seimbang antara domestik dan ekspor,” ujar Bob.

Dari informasi terakhir yang diberikan Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN, pada semester pertama 2016 ini, volume produksi TMMIN sudah mencapai 250.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com