Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Paris, Perancis

New Koleos dengan Desain Era Renaissance

Kompas.com - 25/07/2016, 09:01 WIB

Paris, KompasOtomotif - Renault baru saja memperkenalkan SUV medium, New Koleos. Model ini memang sudah diluncurkan pada ajang Beijing Motor Show 2016, April lalu. Tapi belum semua negara mendapatkan SUV ini, termasuk Indonesia, yang rencananya bakal meluncur Oktober mendatang.

New Koleos dirancang berdasarkan platform Common Module Family (CMF-CD), hasil pengembangan Renault bersama Nissan. Koleos punya DNA yang sama dengan generasi terbaru Nissan X-Trail dan juga Renault Kadjar.

Renault menyebut New Koleos sebagai SUV andal, gagah, kuat, cocok di semua medan, serta semua kata-kata yang menarik minat. Tapi, KompasOtomotif mendapat kesempatan beruntung buat merasakan langsung New Koleos, di kota asalnya, Paris, Perancis.

 Secara desain, generasi terbaru Koleos ini sudah jauh berbeda dengan model lawas. Desain sudah lebih modern, dengan perubahan di wajah depan, grill, lampu utama dan LED, bemper, pelek, garis penegas bodi, sampai desain bagian belakang.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif New Renault Koleos

"New Koleos adalah penyempurna dari gaya Renaisans dari deretan line-up Renault yang dimulai dari Clio pada 2012. Tantangan utama dari desainer adalah membuat SUV tidak hanya elegan tapi juga modern dan dinamis," jelas Laurens van den Acker, Senior Vice President Corporate Design Renault, di Paris, Kamis (21/7/2016).

Laurens melanjutkan, strategi desain Renault diawali dengan rancangan SUV yang kekar, garis otot yang kuat, tapi dengan gaya modern klasik. New Koleos punya ciri pintu samping yang khas, pelek berdiameter besar (sampai 19 inci) dan aluminium roof bar.

Kombinasi tinggi mobil dengan ground clearance 210 mm dan pendekatan dan sudut depan dan belakang masing-masing 19 dan 26 derajat, membuat New Koleos bisa diajak untuk bermain di medan berat.  

Wajah depan New Koleos mirip dengan sedan mewah Talisman. Ini mengartikan bahwa New Koloes menjadi model teratas Renault, sama dengan Talisman. Desain baru pada grill yang digabungkan dengan logo Renault berlapis krom di bagian tengah.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif New Renault Koleos


Garis kap mesin memberikan kontribusi desain mobil yang gagah. Kesan gagah tersebut makin tegas dengan hiasan krom, termasuk garis bodi yang memanjang dari lampu depan ke samping, guna memancarkan kesan dinamis dan anggun.

Sedangkan pada bagian belakang, gaya Renault makin mencolok dengan bokong yang lebar. Lampu belakang horisontal memperkuat kesan lebar, dan kembali diakhiri degan logo Renault di tengah.

Terakhir, sebuah signature lampu LED di bagian depan dan belakang. Ini menjadi penanda yang mudah bila orang melihat LED tersebut langsung bisa menebak bahwa ini adalah model terbaru Renault.

New Koleos akan tersedia dalan tujuh warna yakni Ultra Silver, Universal White, Metallic Grey, Metallic Black, Mineral Beige, Meissen Blue dan Solid White.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com