Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar “Gesits”, Skutik Listrik Karya Anak Bangsa?

Kompas.com - 29/06/2016, 03:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lahirnya Gesits, sepeda motor listrik karya anak bangsa, jadi bukti kalau Indonesia punya kemampuan untuk memiliki produk sendiri, dengan teknologi yang juga tidak kalah dibanding bangsa asing. Produk hasil kolaborasi PT Garansindo Inter Global dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) disambut baik publik Tanah Air.

Hampir dua bulan sejak kemunculannya, bagaimana kabar Gesits saat ini? Muhammad Al Abdullah, CEO Grup Garansindo menyampaikan, kalau proyeknya berjalan sesuai rencana. Saat ini, sedang memasuki tahap finalisasi.

Baca juga : Gesits, Motor Listrik Karya Anak Bangsa Meluncur

“Setelah rampung dengan prototipe kemarin, kami kali ini sedang melakukan pengembangan teknologi lanjutan, khususnya oleh pihak ITS. Jadi baterainya akan kami buat kebal terhadap air atau waterproof terutama pembungkusnya atau boksnya,” ujar Al, Selasa (28/6/2016).

Al melanjutkan, jika semua berjalan dengan lancar, Gesits mulai akan diproduksi pada 2017, dan bisa dipasarkan di awal 2018. Bahkan jika semua berjalan cepat, di akhir 2017 sudah bisa dibeli masyarakat. “Terkait dengan lokasi produksi, kami sepakat untuk tidak mengumumkannya terlebih dahulu,” tutur Al.

Baca juga : Gesits Tambah Pesanan 10.000 unit dari Bali

Antusiasme

Al melanjutkan, kalau sampai saat ini antusiasme dan animo masyarakat begitu tinggi, baik dari corporate maupun perorangan. Dari update data terkahir, Kamis (12/5/2016) sudah ada 15.000 unit yang dipesan.

“Terkait dengan pesanan saat ini, kami juga sudah kita tutup angkanya kemarin, sudah terlalu banyak. Kami buka lagi nanti dalam waktu dekat-dekat peluncurannya,” ujar Al.

Gesits sendiri dibekali baterai lithium ion, dan sanggup menempuh jarak sejauh 80 km - 100 km, untuk satu kali pengisian. Kebutuhan waktu pengisian sekitar 1,5 - 4 jam, menggunakan fasilitas colokan rumahan. Sementara bila dengan charger khusus, hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com