Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Esemka Siap Diresmikan Jokowi Akhir Semester I 2016

Kompas.com - 21/03/2016, 07:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Solo, KompasOtomotif - Pabrik Esemka yang akan memproduksi mobil bermerek nasional (mobnas) sedang dalam tahap pembangunan. Meski saat ini rangka baja baru mulai dipasang, tapi target akhir semester pertama 2016 bangunan tahap pertama bakal sudah selesai dibangun.

Bupati Boyolali, Seno Samodro berbagi cerita terkait rencana pembangunan pabrik ini, saat dikunjungi KompasOtomotif di rumah dinasnya. Seno mengatakan, rencana peresmian pabrik Esemka akan terlaksana awal Juni 2016.

"Rencananya nanti RI 1 (Jokowi) juga akan datang kok," kata Seno kepada KompasOtomotif di Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (13/3/2016).

Informasi ini, seolah senada dengan informasi yang diperoleh dari Budiyanto, Project Manager PT Ghewantika Konstruksi (GWK), pengembang properti yang ditujuk membangun proyek pabrik Esemka ini. Budi mengatakan, kontrak pembangunan proyek milik PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE) ini akan selesai sampai Juni 2016.

"Kontrak kami sampai Juni 2016 untuk menyelesaikan showroom dan assembling yang nantinya juga ada kantor pemasaran dan bengkel di sini," ucap Budi saat ditemui KompasOtomotif di, Demangan, Boyolali, Senin (14/3/2016).

Kembali menyimak informasi dari Seno yang mengatakan, ketika pabrik diresmikan pada pertengahan tahun ini, ACE akan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal. Para lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari seluruh Solo akan jadi kandidat utama.

"Dari informasi yang saya dapat, setelah persemian pabrik itu nanti akan langsung jalan (beroperasi). Untuk tenaga kerjanya menyerap 1.000-2.000 orang, semuanya dari SMK se-Solo-raya, itu untuk tahap awal yah," kata Seno.

Laporan Langsung Wartawan KompasOtomotif Stanley Ravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com