Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti Otentik Kekuatan "Mobil Murah" Datsun

Kompas.com - 12/01/2016, 09:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sangata, KompasOtomotif – Penjelajahan lima mobil Datsun Go+ Panca dalam Datsun Risers Expedition (DRE) yang bercita-cita menempuh 10.000 km bukan semata-mata sebagai ajang pendongkrak image.

Inilah bukti otentik, bagaimana mobil yang berstatus ”mobil murah” atau masuk kategori LCGC bisa diandalkan meski ”disiksa” untuk melaju melintasi berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Sebagai bukti keseriusan, Datsun menyiapkan hanya lima unit Go+ Panca untuk menaklukan lintasan beragam sepanjang DRE, keliling Indonesia. DRE direncanakan selesai dalam empat gelombang, menyusuri Jawa-Bali-Lombok (gelombang I), Sulawesi (gelombang II), Kalimantan (gelombang III), dan Sumatera (gelombang IV). Tidak ada penggantian mobil untuk tiap perjalanan, meski risers yang menungganginya berganti-ganti di tiap gelombang dan etape.

”DRE memang bertujuan untuk membuktikan ketangguhan dan kehandalan Datsun Go+ Panca sebagai salah satu pilihan mobil keluarga. Lima mobil berpelat sama, mulai dari awal start di Jakarta sampai nanti kembali di Jakarta,” ujar Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, Senin (11/1/2016), di Samarinda, Kalimantan Timur, beberapa saat sebelum melepas rombongan DRE gelombang III.

Semua mobil, imbuh Indri, dijaga performanya dengan bantuan diler-diler setempat yang disinggahi DRE. Penentuan tempat untuk dilewati dan dijelajahi juga krusial, bahwa rute harus sanggup mewakili jalan-jalan di Indonesia, dan ternyata Datsun sanggup melewatinya.

Tanpa keluhan
Di sisi lain, lima Datsun Go+ Panca yang digunakan para risers belum mengalami kendala berarti setelah menyelesaikan dua gelombang. Lima mobil yang dipakai adalah mobil baru (km 0), dan hingga menyelesaikan rute hari pertama DRE gelombang III, Balikpapan-Sangata, rata-rata mobil sudah menempuh jarak lebih dari 7.000 km.

”Tidak ada penggantian komponen krusial. Semua hanya general maintenance biasa. Sebelum jalan tiap gelombang, kami cek bagian underbody, wiper, tekanan ban, lampu, dan lainnya. Hanya sekali mengganti ban pada salah satu mobil, itu pun biasa, kena paku. Selebihnya tidak ada masalah,” kata Dwi Padanu, Teknisi Nissan-Datsun Halim, Jakarta.

Hingga detik ini, total konsumsi bahan bakar kelima mobil Datsun Go+ Panca mencapai total 500-an liter. Jika dirata-rata, dibagi dengan jarak yang sudah ditempuh, masing-masing mobil mencatat hasil konsumsi bahan bakar (klaim Datsun) mencapai 12 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com