Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Ikatan Emosional Merek dan Komunitas Yamaha

Kompas.com - 22/11/2015, 13:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Binuang, KompasOtomotif - Totalitas komunitas mendukung aktivitas merek cukup ampuh menggalang masa. Seperti ditunjukkan Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) yang secara total mendukung para pebalap Yamaha, di seri penutup Indonesia Road Racing Championship (IRRC) di Sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, Minggu (22/11/2015).

Ratusan bikers yang hadir dari berbagai klub atau komunitas Yamaha dan tergabung di YRFI memadati tribun sirkuit permanen itu. Kebanyakan diramaikan komunitas pengguna V-ixion, tergabung dalam Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI) Banjarmasin, YVCI Banjarbaru, YVCI-SS (Seribu Sungai), hingga YVL (Yamaha V-Ixion Lovers).

Komunitas dari tipe sepeda motor lain juga riuh. Tampak anggota BRC (Banjarmasin RX King Club), Kribo (King Riders Independent Borneo), Byson Yamaha Owner Indonesia Club (Byonic) chapter Banua Enam, YROI (Yamaha R25 Owner Indonesia), F1B (Force One Banjarmasin), MXRC (MX Rider Club), MX Erce (MX Rider Community) chapter Amuntai, YJBC (Yamaha Jupiter Banjarmasin Club), Yamaha Mio Club Amuntai, MBC (Mio Banjarmasin Club), sampai X-Ride Yamaha Indonesia.

"Rolling"

Menuju Binuang, klub-klub V-Ixion rolling city start dari diler utama Surya Timur Sakti Jatim (STSJ). Mereka bergabung dengan klub-klub lain di tengah perjalanan, dan sampai di Binuang yang berjarak sekitar 82 km, ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Wakil Ketua YRFI Kalimantan Selatan, Surya Adi Safitri mengatakan bahwa anggota komunitas Yamaha di Kalimantan memang sangat aktif. Banyak kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin dan menjadi ikon kegiatan klub-klub sepeda motor di Kalimantan Selatan.

”Kami juga suka nonton balapan, biasanya kejuaraan seperti ini di Balipat kami datangi. Passion anak-anak klub pecinta V-Ixion sangat tinggi. Meskipun berada di area manapun, tetap bergabung dengan klub setempat. Member yang aslinya dari Jakarta, Malang, Lamongan tapi kerja di Banjarmasin aktif ikut kegiatan komunitas," kata Surya, atau biasa disapa Uya.

Riuhnya dukungan YRFI di Balipat memberi semangat para pebalap. Seperti saat Rusman Fadhil, pebalap kelas bebek super 150 cc yang berhasil naik podium kedua. Setiap manuver Fadhil diberi tepuk tangan, hingga akhirnya dia berhasil merebut posisi ke-2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com