Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka-bukaan Versi Telanjang Yamaha R1

Kompas.com - 17/11/2015, 14:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Beberapa jam sebelum debut di atas panggung EICMA, Milan, (18/11/2015), Yamaha membuka informasi tentang hadirnya anggota keluarga baru sepeda motor telanjang performa tinggi, MT-10. Inilah versi telanjang YZF-R1, keduanya berbagi sasis dan mesin tapi beda setelan dan kelengkapan.

Sepeda motor ini melengkapi deretan MT-Series yang sudah ada sebelumnya, mulai MT-125, MT-03, MT-07, hingga MT-09. Tampaknya seram, pakai mesin 1.000-an cc, namun Yamaha mengklaim model ini lebih simpel dan praktis untuk dipakai di jalanan perkotaan.

Yamaha Europe Yamaha MT-10 mengadopsi sasis dan mesin YZF-R1.
Mesin R1 disesuaikan, termasuk perubahan saluran isap, pembuangan, dan sistem injeksi bahan bakar. Crank dioptimalkan lagi untuk menghasulkan torsi yang kuat antara putaran mesin rendah hingga cepat, demi menghasilkan torsi besar di putaran bawah-menengah.

MT-10 menawarkan tiga mode tenaga, standard, A, dan B. Mode A lebih untuk pengendalian sporty, galak di rpm bawah-menengah, sedangkan ”standar” digunakan untuk jalan santai atau touring. Sementara mode B, dipakai di tengah macet atau jalanan licin.

Yamaha Europe Keluarga paling bongsor MT-Series Yamaha.
Yamaha melengkapinya dengan kontrol traksi tiga mode, bisa juga dimatikan untuk sensasi berbeda para pebalap. Kopling juga pakai teknologi baru yang membuat perpindahan giginya sangat ringan. Produsen berlogo garpu tala itu juga menawarkan fitur quick shift sebagai opsi.

Demi menjaga kestabilan di saat berkendara jauh, Yamaha membekali MT-10 dengan cruise control. Yamaha Chip Controlled throttle (YCC) membuat kecepatan selalu bisa diatur saat menaiki bukit dan turunan.

Secara visual, MT-10 seperti layaknya keluarga MT lain. Namun bagian depan tampak lebih besar dengan LED. Sekilas tampak seperti kepala robot, disambung dengan bodi yang juga futurisik. Model ini tersedia di Eropa dalam warna Tech Black (hitam), Race Blu (biru), atau Night Fluo (perpaduan).

Simak video promosinya berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com