Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Aroma Wangi” Yamaha NMAX Sampai ke Pelosok

Kompas.com - 22/11/2015, 08:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Banjarmasin, KompasOtomotif – Wajar kalau PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membanggakan NMAX. Bukan cuma menjadi produk global yang sukses, yakni menjadi komoditi ekspor, penerimaan di pasar domestik juga sangat tinggi.

Bahkan daerah-daerah secara mengejutkan menerima skutik bongsor itu sebagai salah satu incaran. PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Banjarmasi, diler utama Yamaha di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) ikut merasakannya, Pihak STSJ mengaku banyak menerima pesanan dari konsumen pada skutik bongsor, NMAX.

Manajer Cabang STSJ Banjarmasin Stefanus Harry mengatakan bahwa NMAX sangat membantu penjualan di wilayah operasinya saat pasar sedang turun. Sejak diluncurkan pada Februari, sudah hampir 400 unit NMAX yang diboyong konsumen di Kalsel dan Kalteng.

”Kebanyakan didominasi model non-ABS. Sekitar 10-15 persen yang ABS. Model ini memang fenomenal sampai daerah. Model global, dan harganya mepet-mepet dengan skutik kompetitor (Honda Vario 150). Pasokan juga lancar, hanya warna-warna tertentu yang sedikti menunggu, tapi itu pun tidak lama,” kata Harry, (21/11/2015), di Banjarmasin.

Harry pun bercerita, bahwa NMAX sampai memikat para pengusaha kaya di Kalsel. Salah satu yang menarik, NMAX diborong 8 unit untuk pengusaha batubara di daeran Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. ”Katanya untuk bikin klub NMAX di Batulicin. Mereka memilih tipe ABS, tidak mau yang setengah-setengah,” ujar Harry.

NMAX di Kalimantan Selatan dijual Rp 25,95 juta untuk tipe non-ABS. Sedangkan yang sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS dipatok Rp 30 juta.

Secara nasional, dilihat dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dalam tiga bulan terakhir penjualan NMAX menanjak dari 12.000-an unit pada Agustus, naik menjadi 13.000-an pada September, dan puncaknya bulan lalu di angka 15.000-an. Total sejak pertama kali meluncur Februari 2015 NMAX telah terjual 62.700-an unit di pasar domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com