Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Patenkan Teknologi Sepeda Motor Hibrida

Kompas.com - 22/07/2015, 18:34 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Beda seperti Honda yang mengembangkan mesin 2-tak yang lebih ramah lingkungan, Suzuki seperti dilaporkan Visordown, Senin (21/7/2015), tengah berusaha mematenkan teknologi mesin hibrida untuk sepeda motor.

Dijelaskan seperti terlihat pada gambar paten, terdapat motor listrik di atas blok mesin (crankcase). Sumber tenaga baru ini berfungsi membantu mesin konvensional dan konfigurasi ini mengubah arah sepeda motor sport Suzuki.

Baterai motor listrik diletakan di bawah jok, ditelaah dari ukurannya yang kecil diprediksi kemampuannya hanya untuk jarak dekat. Saklar pemilih mode berkendara menggunakan hanya mesin konvensional, hanya elektrik, atau kombinasi keduanya, terdapat di dekat tangan kanan pengendara.

Hal menarik bukan hanya itu, mesin baru yang digambarkan terpasang pada model seperti GSX R1000 ini dilengkapi transmisi semi-otomatis. Pengoperasian perpindahan gigi tetap menggunakan kaki kiri seperti biasa, namun penggantian gigi bukan mekanis melainkan elektronik yang diatur oleh Electronic Control Unit (ECU).

Sepeda motor listrik sedang menarik perhatian di industri otomotif sebab menawarkan hal yang berbeda dibanding model konvensional. Suzuki sepertinya punya pandangan lain, mungkin teknologi hibrida dianggap paling pantas untuk tipe sport. Belum diketahui kapan Suzuki akan mulai mengubah paten menjadi unit produksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com