Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Berhenti Produksi Sementara Jelang Lebaran

Kompas.com - 24/06/2015, 08:03 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana mengistirahatkan pabrik perakitannya di Karawang menjelang Lebaran 2015. Rencana ini berkaitan dengan jadwal libur bersama perusahaan yang bergulir hampir setiap tahun.

"Kita cuti bersama itu mulai tanggal 15 -22 Juli. Jadi semua libur, pabrik juga libur," ucap I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN menjawab KompasOtomotif, di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/6/2015).

Made melanjutkan. saat ini produktivitas kedua pabrik Toyota di Kawarang sudah mencapai lead time 2,4 menit untuk produksi Fortuner dan Kijang Innova, serta 1,6 menit untuk Vios, Etios Valco, dan Yaris. Waktu bekerja (shift) yang dimanfaatkan kedua pabrik ini adalah dua kali delapan jam, tanpa lembur.

Maka dengan perhitungan kasar, jika dimanfaatkan semua waktu produksi per hari, maka Toyota Indonesia mampu merakit sekitar 600 unit untuk Innova dan Fortuner di pabrik Karawang I. Selain itu, di pabrik Karawang II yang memproduksi Vios, Etios Valco, dan Yaris sekitar 400 unit. Artinya, selama libur lima hari kerja (tidak termasuk akhir pekan), Toyota Indonesia akan kehilangan produksi sekitar 5.000 unit.

Penghentian produksi sifatnya sementara dan dipastikan tidak akan mengganggu pasokan kebutuhan konsumen di pasar domestik Indonesia. Penyesuaian produksi tambahan bisa dengan mudah dilakukan pada hari-hari sebelum atau sesudah libur Lebaran.

"Memang pasar mobil turun 16 persen, tapi ekspor kita naik 30 persen. Artinya, situasi pabrik kami masih bagus," ujar Made, mengakhiri pembicaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com