Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Pertama Suzuki Indonesia dengan CVT

Kompas.com - 11/05/2015, 09:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah merencanakan peluncuran Celerio di tahun ini, meski harus mengalami penundaan. Hatchback yang pernah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 itu bakal mengusung teknologi baru untuk Suzuki di Indonesia, yaitu transmisi “satu percepatan” atau CVT (continuously variable transmission).

“Celerio pakai teknologi CVT. Ini sekaligus membuktikan ke masyarakat bahwa Suzuki memiliki banyak teknologi,”ujar 4W Marketing Director SIS Makmur, saat test drive media Karimun Wagon R AGS (Auto Gear Shift) di Jakarta, pekan lalu.

Pernyataan itu juga menjawab berbagai pertanyaan yang muncul sejak tahun lalu, Celerio akan diimpor dari Thailand bukan dari India yang memakai AGS pada Celerio. Di Thailand tersedia dua tipe transmisi, manual 5-percepatan dan CVT. Keduanya dipasang pada mesin K10B 3-silinder 998 cc.

“Celerio akan menjadi model pertama Suzuki yang menggunakan CVT di Indonesia," ucap Makmur. Sebelumnya, SIS memang tidak pernah menawarkan CVT, transmisi ini dirasa mendukung transformasi SIS dari mobil komersial ke penumpang.

Di awal tahun ini SIS mengatakan bakal meluncurkan Celerio setelah Wagon R matik. Seperti diketahui, Varian AGS Wagon R dijadwalkan meluncur pada 19 Mei mendatang. Jadi kemungkinannya, Celerio baru akan meluncur setelah tanggal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com