Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Lahir Bukan untuk Jadi Terlaris

Kompas.com - 30/04/2015, 14:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Apapun semua tentang Avanza, tentunya yang harus dipahami adalah status bahwa low MPV bermerk Toyota ini pemegang gelar sebagai mobil terlaris. Inilah bukti model berpenggerak roda belakang ini digemari masyarakat.

Toyota Astra Motor (TAM) mengungkap sejak pertama kali diperkenalkan pada 2003 hingga Maret 2015, Avanza telah terjual sebanyak 1.308.183 unit. Avanza sah dikatakan fenomenal, rekor itu  masih sulit dikalahkan dalam jangka waktu dekat bahkan oleh "saudara kembarnya" Daihatsu Xenia.

Widyawati mengatakan, generasi pertama Avanza sebenarnya tidak dirancang untuk fenomenal. "Waktu Avanza diluncurkan saya masih di divisi product planing, target penjualan Avanza itu hanya 2.500 unit per bulan. Tapi ternyata cukup sukses, selama life cycle, 10.000 unit per bulan," ungkapnya di Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Di generasi kedua, lanjut Widyawati, pesaing mulai bermunculan. Namun target dipasang sesuai pengalaman yakni sebesar 10.000 unit per bulan. Hingga saat ini penjualan bulanan Avanza belum pernah di bawah 10.000 unit.

Pada Maret lalu, penjualan Avanza mencapai mencapai 13.120 unit dengan marketshare di low MPV mencapai 52,6 persen.

"Peredarannya sudah sangat banyak sekali, hingga sanggup membentuk negara sendiri, Avanzanation. Sebenarnya ini bukan Toyota yang hebat tapi konsumennya. Pengembangan Avanza selalu berdasarkan masukan konsumen, pengembangan ada di produk dan event. Sebenarnya konsumen yang hebat," puji Widyawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com