Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepak Terjang Veloz di Avanza Generasi Kedua

Kompas.com - 23/11/2014, 09:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Avanza sudah berusia satu dekade sejak kelahirannya pada akhir 2003 dan mulai dijual pada awal 2004. Sampai pada 2011 lalu Avanza generasi kedua lahir, ditandai dengan kemunculan Veloz sebagai varian tertinggi.

Avanza menjelma menjadi produk terlaris Toyota dengan angka penjualan mencapai 1.246.232 unit dalam waktu 10 tahun. Sementara Avanza generasi kedua sejak 2011 lalu mampu terjual sebanyak 705.703 unit. Dari angka tersebut Veloz terjual sebanyak 128.924 unit.

"Sebagai line-up baru dari Avanza, Veloz mampu menjadi salah satu varian yang dipilih konsumen. Rata-rata share Veloz 20 persen dari total penjualan Avanza generasi kedua. Artinya, bila diasumsikan penjualan Avanza 15.000 unit perbulan, 3.000 unit di antaranya adalah Veloz," jelas Direktur Pemasaran PT TAM, Rahmat Samulo, saat berbincang dengan KompasOtomotif, Sabtu (22/11/2014).

Pembelian fleet
Varian dengan penjualan tertinggi adalah Avanza tipe G, dilanjutkan dengan tipe E. Toyota juga masih bergantung pada model penjualan fleet (penjualan borongan) yang dilakukan oleh perusahaan atau rental.

"Fleet Avanza memang besar seperti untuk mobil operasional perusahaan atau mobil rental. 20 persen penjualan Avanza ditutup oleh fleet. Biasanya pembelian fleet memilih Avanza tipe G," lanjut Samulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com