Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hebat, Inden Toyota Mirai sampai 3 Tahun

Kompas.com - 10/03/2015, 10:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Permintaan mobil fuel cell Mirai melebihi kemampuan produksi Toyota. Sejak penjualan dimulai di Jepang pada Desember 2014, ada lebih dari 1.500 pesanan unit. Sementara produksi pabrik hanya sanggup menghasilkan tiga unit per hari.

Sebagian konsumen sudah diperingati harus menunggu sampai tiga tahun, berarti konsumen bisa jadi mendapatkan unit pada 2018 ketika Mirai memasuki siklus facelift seperti kebanyakan model lain.

“Mirai punya banyak teknologi baru. Kami meluncurkannya hati-hati dengan melewati pemeriksaan sesama di manufaktur untuk memastikan kualitas level tinggi, jadi volume produksinya terbatas,” jelas Toyota meminta maaf karena pengiriman terlambat di situs global pekan lalu, seperti dilansir dari Wall Street Journal, Senin (9/3/2015).

Dari 1.500 pesanan, 60 persen di antaranya berasal dari pemerintahan dan perusahaan, sisanya individu. Juru bicara Toyota Kayo Doi mengatakan, kebanyakan individu yang memesan adalah pria berumur 65 tahun atau lebih.

Di Jepang, Mirai dijual dengan subsidi Jepang seharga 5,2 juta Yen atau berkisar Rp 558, 4 juta. Mobil fuel cell yang mampu mengolah hidrogen sebagai sumber tenaga dengan emisi air dan panas ini dibuat dengan “tangan” oleh 13 pekerja di pabrik Motomachi. Tahun ini Toyota mengatakan hanya sanggup menghasilkan 700 unit Mirai, lalu dikembangkan menjadi 2.000 unit pada 2016, dan 3.000 unit pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com