Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Keuntungan Besar Toyota di Dunia

Kompas.com - 24/02/2015, 18:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Sebagai produsen mobil terbanyak di dunia periode 2014, Toyota dipastikan akan mendulang keuntungan pada tahun fiksal yang berakhir 31 Maret 2015 mendatang.

Bahkan, sejumlah prediksi mengatakan kalau keuntungan Toyota akan mencapai empat kali lebih besar dari apa yang diperoleh rival General Motors (GM), padahal dari jumlah volume kendaraan yang terjual, perbedaan Toyota dan GM hanya terpaut beberapa ratus ribu unit saja.

Lantas, bagaimana keuntungan Toyota dengan GM bisa terpaut sampai berkali-kali lipat, apa rahasianya?

Dilansir Autoblog (23/2/2015), Toyota memprediksi pendapatan bisnisnya sepanjang tahun fiskal 2014 (April 2013-Maret 2014) akan mencapai 24,5 miliar dollar AS. Jumlah ini, jauh di atas GM yang cuma menorehkan 6,5 miliar dollar AS pada periode yang sama. Berdasarkan analisis data yang dilakukan Detroit News, prinsipal asal Jepang itu, rata-rata memperoleh pemasukan 2.726 dollar AS (Rp 35,2 juta) per mobil yang terjual di dunia.

Nilai ini lebih tinggi ketimbang rival lain, seperti Ford yang cuma meraih 994 dollar AS (Rp 12,8 juta) atau GM 654 dollar AS (Rp 8,4 juta).

Ternyata, kunci sukses Toyota untuk mengeruk keuntungan lebih banyak diperoleh bukan karena produk yang dipasarkan, melainkan dari lokasi perusahaan berasal. Pasalnya, basis produksi Toyota di Jepang membuat pelemahan nilai tukar yen terhadap dollar AS saat ini jadi menguntungkan buat Toyota.

Sepanjang tahun lalu, Toyota mengekspor 45 persen jumlah mobilnya dari Jepang. Artinya, keuntungan Toyota menumpuk tahun lalu, apalagi didorong lonjakan permintaan di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com