Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam “Rebadge” Pikap yang Sempat Melanda Amerika Serikat

Kompas.com - 24/02/2015, 17:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber carbuzz

Detroit, KompasOtomotif - Mobil pikap memang kurang populer di Indonesia, kendaraan yang masuk kategori niaga ini lebih digemari pengusaha dibanding pemakai pribadi. Di kawasan ASEAN pasar pikap berkembang di Thailand, Pemerintah lokal punya kebijakan khusus dengan segala kemudahan buat pabrikan dan konsumen.

Pasar pikap sangat besar di Amerika Serikat (AS), tahun lalu mobil terlaris adalah Ford F-Series.
Pada periode 1990 hingga 2000-an, pasar pikap juga menggiurkan. Bahkan karena terlalu menggoda, beberapa produsen berani menggunakan model pikap dari merek lain untuk dipasarkan ulang (rebadge) agar terjun ke pasar lebih cepat dan mudah.

Berikut beberapa usaha pabrikan me-rebadge pikap untuk pasar AS:

Mitsubishi Raider (Dodge Dakota)

Truk pikap ini menggunakan basis Dodge Dakota dan debut pada 2005 sebagai model 2006. Mitsubishi memutuskan Raider sebagai pengisi celah line up sejak Mighty Max tak lagi diproduksi setelah 1996. Kala itu dealer Mitsubishi harus menunggu sampai enam bulan hingga suplai terpenuhi sebab Dakota lebih populer. Raider punya versi dua dan empat pintu, keunggulannya punya varian bermesin V8 4.7L.

Carbuzz Suzuki Equator (Nissan Frontier)

Suzuki Equator (Nissan Frontier)

Sekilas dan bila tanpa emblem, pikap ini mungkin bisa dikenali sebagai Nissan Navara alias Frontier yang sudah kita kenal di Indonesia. Sama tapi beda merek, sosok yang satu ini dinamakan Equator dan menjadi penyelamat Suzuki saat kesulitan menembus pasar pikap di AS.

Nissan menawarkan solusi cepat dan relatif murah dengan menyodorkan Frontier untuk model rebadge. Hasilnya, Suzuki Equator dengan sedikit perubahan desain wajah debut di Chicago Auto Show pada 2008. Namun malang buat Suzuki, Equator juga tidak membantu sebab akhirnya Suzuki keluar dari pasar AS pada 2012.

Carbuzz Mazda B-Series (Ford Ranger).

Mazda B-Series (Ford Ranger)

Mazda punya sejarah panjang tentang pikap B-Series yang diproduksi sejak 1961. Kerja sama dengan Ford untuk menjual kendaraan itu dengan nama yang berbeda telah dimulai sejak kelahiran generasi pertama Courier pada 1972. Kemudian pada 1983 Ford memperkenalkan pengganti Courier yang disebut Ranger.

Keadaan terbalik, Mazda berkutat dengan masalah finansial dan kurang mampu melakukan pengembangan di pasar AS. Keputusannya, pada 1994 Mazda yang me-rebadge generasi kedua Ranger untuk pasar domestik sebagai B-Series.

moibibiki.com Suzuki i-Series (Chevrolet Colorado).

Chevrolet Colorado (Suzuki i-Series)

Pikap Chevrolet Colorado dan kembarannya GMC Canyon merupakan hasil pengembangan General Motors Amerika Utara, General Motors Brazil, dan Isuzu. Pada 2002, Isuzu memutuskan untuk menjual model sendiri, pada 2005 i-Series meluncur untuk pasar Amerika Serikat. Model ini punya sistem gerak dan fitur yang sama seperti Colorado dan Canyon.

Colorado, Canyon, dan i-Series dibuat di atas platform GMT355, basis ini menjadi dasar pengembangan platform Hummer H3 yaitu GMT345.

Isuzu i-Series tidak terlalu digemari di AS, hanya 1.377 unit yang terjual sejak pertama kali diproduksi pada 2005 hingga Februari 2006. Saat Isuzu keluar dari pasar AS pada 2008, i-Series akhirnya tidak diproduksi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com