Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jawa Timur Hampir Sentuh 1 Juta Unit Motor

Kompas.com - 14/12/2014, 08:00 WIB
Surabaya, KompasOtomotif - Pasar sepeda motor di Jawa Timur masih menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Bahkan untuk Honda, Jatim memegang urutan pertama yang menyumbang angka penjualan tertinggi. Situasi itu masih berlanjut sampai penghujung tahun ini.

Main dealer Honda di Jawa Timur hingga NTT, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), mengakui bahwa penjualan sepeda motor di tahun ini memang mengalami banyak kendala. Hanya saja, pertumbuhan ekonomi di Jatim tidak terlalu merosot, hingga masih bisa bertahan.

"Tahun ini banyak kendala, mulai dari banjir di awal tahun yang menggangu pertanian, lalu Pemilu dengan situasi politik yang tidak kondusif, disusul masalah jembatan Comal menjelang Lebaran lalu, hingga kenaikan harga BBM bersubsidi. Itu menjadi masalah yang kita hadapi di 2014 ini," jelas Suwito Mawarwati, Presiden Direktur PT MPM kepada wartawan, Sabtu (13/12/2014), di Surabaya.

MPM sendiri menargetkan penjualan 950.000 unit sampai dengan 1 juta unit sepeda motor di tahun ini. Tapi dengan 11 bulan yang sudah berjalan, kemungkinan besar angka tertinggi hanya mencapai 970.000 unit saja. Namun angka tersebut sudah dianggap lebih dari cukup mengingat situasi yang ada.

"Naik 7 persen dibandingkan tahun lalu, saya kira ada di angka 970.000 unit. Ini sudah sangat baik melihat situasi di tahun ini yang memang banyak kendala. Artinya, angka tersebut memang tidak meleset dari target yang dicanangkan di awal," tutup Suwito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com