Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Kelemahan Teknologi "Blind Spot Monitoring"

Kompas.com - 10/12/2014, 09:20 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Tim peneliti dari American Automobile Association (AAA) di Amerika Serikat, membeberkan laporan mengenai kelemahan teknologi dari pemantauan area blind spot dan juga sistem lane-departure warning.

Lembaga otomotif tersebut menunjukkan bahwa kedua teknologi itu memiliki kelebihan buat membantu pengemudi agar tetap aman saat berkendara. Tapi dari hasil tes ditemukan beberapa skenario yang bisa membuat sistem gagal bekerja.

Sistem monitor blind spot bergantung pada radar jarak pendek. Sistem ini mengalami kesulitan ketika mendeteksi kendaraan yang bergerak cepat mendekati jalur dengan jarak berdekatan. Bila pengemudi terlalu bergantung pada teknologi, bisa menyebabkan kecelakaan. Solusinya adalah tetap memantau kaca spion meski sudah dilengkapi teknologi canggih.

Monitor blind spot juga dianggap kurang sensitif terhadap sepeda motor. Bila menghadapi sepeda motor di belakang dan masuk area titik buta, peringatan yang dikeluarkan buat pengendara lebih lambat 26 persen.

"Tanda yang sering diberikan oleh sistem terlalu lambat untuk melakukan tindakan pencegahan. Beberapa sistem monitor blind spot yang kami uji memiliki jangkauan deteksi pendek, yang berarti bahwa kendaraan sudah dalam posisi blind spot sebelum peringatan datang," kata Megan McKernan, manajer teknik dari AAA, seperti dilansir Leftlanenews, Rabu (10/12/2014).

Keterbatasan juga terjadi pada sistem lane-departure warning. Efektivitas teknologi ini akan berkurang ketika garis jalan yang dipakai tidak terlihat jelas atau jalan sedang diperbaiki. Lebih buruknya ketika kendaraan berada di persimpangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com