Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Impor Bakal Lebih Murah di China

Kompas.com - 06/11/2014, 11:43 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Pemerintah China berencana mempercepat program percobaan impor mobil di zona perdagangan bebas di Shanghai. Langkah ini akan memicu harga mobil-mobil impor asing dari pasar global lebih kompetitif di pasar otomotif terbesar di dunia itu.

Pemerintah akan mengeluarkan peraturan dan mempercepat persiapan tes impor langsung di zona ini, jelas Pemerintah Pusat dalam keterangan resminya tertanggal 23 Oktober 2014, dilansir Bloomberg (5/11/2014). Tapi, belum dipastikan kapan program ini efektif mulai berlaku.

Dalam proses tes, mobil yang diimpor ke China tanpa jaringan distribusi resmi, biasanya harganya jauh lebih murah di pasar. Kondisi pararel impor ini akan memaksa pabrikan global yang ada di China untuk mengurangi harga jual mobilnya di pasar demi persaingan, menurut broker Stanford C Bernstein.

Keputusan pemerintah pusat melonggarkan larangan impor mobil, bertujuan agar dealer bisa menjual berbagai merek dan model kendaraan di satu atap. Proses penjualan mobil impor bisa dilakukan tanpa harus memiliki izin khusus dari prinsipal otomotif di negara asalnya, jelas sumber internal pemerintahan yang mengetahui rencana ini, September lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com