Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Kolaborasi Kakak Adik Beda Gender

Kompas.com - 03/11/2014, 13:10 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Semarang, KompasOtomotif - Menggabungkan ide "dua kepala" dalam karya personalisasi tidaklah mudah, bahkan kerap memicu perselisihan. Namun tidak dengan kerjasama yang dijalin kakak adik, Canka Widi dengan Farisman Ashar, dalam menuangkan ide ubahan pada Toyota Avanza G produksi 2007. Hasilnya, Avanza berkelir hitam tersebut berhasil menjadi salah satu peserta gelaran Avanza Pop You Up di Semarang (1/11/2014).

"Konsep kami adalah efisiensi ruang biar bisa tampil keren enak dipandang, namun tetap nyaman dan yang terpenting tidak mengabaikan fungsi bagasi. Penggantian pelek dan ubahan setelan suspensi dibuat agak pendek namun masih nyaman dipakai sehari-hari," ujar sang adik, Farisman.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Interior dilapis kuit bernuansa coklat
Untuk urusan interior Faris menyerahkan sepenuhnya kepada Canka untuk berkreasi. Langkah pertama yang dilakukan adalah melapisi ornamen interior dengan kulit. "Dominasi warna coklat saya pilih karena lebih kalem, cocok dipakai untuk cowok dan cewek serta kontras dengan warna mobil," ujar Canka. Agar tampil makin elegan, motif sofa dipilih mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tersebut. Proses ubahan interior diakui menghabiskan waktu sekitar seminggu.

Efisiensi ruang
Penekanan konsep efisiensi ruang dilakukan oleh Faris untuk memasang perangkat audio di belakang. Desain dibuat seperti gapura, semua komponen audio ditempel di dinding pilar. "Desain ini dibuat supaya kita tetap bisa menaruh barang di bagasi dan tidak menghalangi pandangan belakang saat melihat spion tengah," beber Ais, panggilan akrab Faris.

Konsep audio yang dianut oleh mahasiswa Unissula berusia 19 tahun ini cukup sederhana, yang penting enak didengar dan punya unsur "kosmetik". "Proses pembuatan dan setting audio tergolong cukup lama, hampir sebulan, dan menghabiskan dana yang cukup besar," ungkap pria yang hobi jadi disc jockey (DJ) tersebut.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Efisiensi ruang untuk ubahan sektor audio
Total proses personalisasi Avanza tersebut menghabiskan waktu 1,5 bulan dengan dana sekitar Rp 20-an juta. Ketika ditanya transportasi apa yang dipakai ketika mobil di bengkel, jawabannya cukup mengejutkan. "Tenang mas, kita masih punya 2 Avanza lagi di rumah," kelakar Ais dan Canka spontan. (ADV)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com