Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Sport VW Pakai Mesin Ducati

Kompas.com - 02/10/2014, 10:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Volkswagen memperkenalkan mobil konsep terbarunya XL Sport di Paris Motor Show 2014. Menariknya, mobil sport ini menggunakan mesin sepeda motor Ducati 1199 Superleggera, 1,2 liter V2 yang menghasilkan tenaga 200 PS pada putaran mesin sampai 11.000 rpm.

Mobil ini diproduksi menggunakan platform sama dengan model sebelumnya, XL1 yang berbobot ringan. Mesin sepeda motor dipilih menggantikan jantung pacu sebelumnya, yakni 0,8 liter, dua silinder, diesel bertenaga 48 PS.

Selain itu, VW XL Sport juga menerima sistem transmisi baru, 7-percepatan, kopling ganda, DSG, untuk menyalurkan semua tenaga ke sepasang roda belakang. VW mengklaim, akselerasi mobil ini dari 0-100 kpj bisa diraih dalam 5,7 detik, dengan kecepatan maksium 270 kpj.

Carscoop Mempertahankan pintu gunting, sama seperti XL1 sebelumnya.

Desain
Dari tampilannya, sosok XL Sport jauh lebih sporty ketimbang XL1. Beberapa lekukan bodi di samping, serta penambahan ruang angin di sisi pintu ikut memperkuat karakter balapnya. Wajah depannya, masih relatif mirip dengan model sebelumnya, menggunakan sepasang lampu utama "sipit" dipadu grill tipis melintang dan bemper dengan air dam berbentuk sarang tawon.

Bagian belakang mobil terlihat lebih kompleks, terlihat seperti memiliki beberapa lapisan bemper. Konstruksi bodi mobil ini dibuat menggunakan bahan khusus carbon-reinforced polymer (CFRP).

Dari segi dimensi, XL Sport lebih bongsor ketimbang XL1. Mulai dari panjang 4.291 mm (XL1: 3.888 mm), lebar 1.847 mm (XL1: 1.664 mm), tinggi 1.152 mm (XL1: 1.153 mm), dan sumbu roda 2.424 mm (XL1: 2.224 mm). Persamaan kedua mobil ini, masih menggunakan model pintu gunting, yang terbuka ke atas.

VW juga melakukan beberapa ubahan di bagian interior, seperti instrumen dan beberapa sentuhan serat karbon. Belum ada kepastian apakah mobil ini akan diproduksi dan dipasarkan, atau VW punya strategi lainnya.

Carscoop Bagian belakang XL Sport terlihat lebih kompleks.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com